You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Bersih,Air Minum»Tips Hemat Penggunaan Air

Tips Hemat Penggunaan Air

Tips hemat penggunaan air berikut ini wajib kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menghemat air sangat baik untuk kehidupan kita karena dapat mencegah dan mengatasi krisis air bersih yang semakin hari semakin kita rasakan terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Dampak dari krisis air mulai kita rasakan  contohnya baru-baru ini, terjadi kekeringan di hampir semua kota/kabupaten di Jawa Barat. Menurut Badan Pengelola Lingkungan Hidup, daerah terparah yang megalami kekeringan yakni Kota Bandung, Cirebon, dan Karawang. Penyebabnya antara lain kerusakan alam di daerah resapan air.

Untuk mencegah kekurangan air semakin parah, pemakaiannya harus disiasati dengan baik. Berikut ini beberapa cara mudah dan sederhana yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghemat pemakaian air bersih:

Menghemat Air Saat di Kamar Mandi:

1. Persingkat waktu mandi anda. Usahakan tidak lebih dari sepuluh menit.
2. Pasang pancuran air (shower head) yang efisien dan hemat air.
3. Periksa jika ada kebocoran di toilet anda. Masukkan pewarna makanan ke penampung air, jika warna muncul di toilet tanpa disiram maka toilet anda mengalami kebocoran. Segera perbaiki toilet yang bocor.
4. Matikan keran air ketika anda menggosok gigi dan bercukur.
5. Perbaiki keran air yang bocor. Satu keran yang bocor dapat membuat anda kehilangan 75 liter air per hari.
6. Kurangi penggunaan air saat anda mencuci tangan. Nyalakan air sebentar untuk membasahi tangan, matikan saat anda memakai sabun, kemudian nyalakan lagi untuk membilas. Dengan cara ini anda akan menghemat air dan sabun.
7. Jangan membuang sampah di toilet. Buanglah tisu, sampah kamar mandi, dan puntung rokok di tempat sampah.

 menghemat air bersihMenghemat Air Saat di Dapur:

1. Saat mencuci piring dengan tangan gunakan sesedikit mungkin deterjen untuk meminimalisasi penggunaan air untuk membilas.
2. Jangan biarkan air mengalir terus ketika anda sedang mencuci piring. Jika tempat cuci piring (sink) anda memiliki dua tempat air isi salah satunya dengan air untuk mencuci dan yang lain dengan air untuk membilas. Jika anda hanya memiliki satu tempat air, sabun terlebih dahulu semua piring anda dan kemudian baru dibilas sekaligus.
3. Hanya nyalakan mesin pencuci piring saat telah penuh.
4. Cuci sayuran dan buah-buahan dalam mangkuk/ember besar, jangan mencucinya dengan air keran yang mengalir.
5. Jangan pergunakan air untuk melunakan makanan beku. Diamkan makanan beku didalam kulkas semalam untuk melunakkannya.
6. Rebus makanan dengan air sesedikit mungkin, dengan begitu anda sekaligus menghemat energi yang dibutuhkan untuk memanaskan air.

 Menghemat Air Saat di Lingkungan Rumah:

1. Pergunakan mesin cuci anda hanya ketika sudah penuh.
2. Jangan menyiram tanaman secara berlebihan. Banyak tanaman yang mati karena terlalu banyak disiram. Saat anda menyiram tanaman, tusuk tanahnya dengan jari anda. Jika tanahnya kering dan keras, siramlah tanaman anda, namun jika tanahnya lembab berarti tanaman anda belum perlu untuk disiram.
3. Periksa sambungan pipa dan keran di rumah anda untuk memastikan tidak ada kebocoran.
4. Hindari mencuci mobil dengan mempergunakan selang yang terus mengalir. Tampung air dalam ember untuk mencuci mobil dan hanya pergunakan air selang untuk membilas.

 Menghemat Air Saat di Taman:

1. Siram tanaman anda di pagi hari atau menjelang malam untuk mengurangi penguapan air.
2. Jangan menyiram taman anda di saat cuaca berangin karena angin meningkatkan penguapan.
3. Jangan memotong rumput taman terlalu pendek karena rumput yang lebih tinggi akan mengurangi penguapan air.

Demikian  tips hemat penggunaan air untuk mencegah dan mengatasi krisis air. Tips ini dapat anda bagikan ke seluruh tetangga anda sehingga lingkungan sekitar anda terhindar dari krisis air.

Sumber [Aneka Sumber]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment