You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Penjernih Air»Teknik Penyaring Air

Teknik Penyaring Air

Teknik paling sederhana untuk mendapatkan air bersih adalah dengan  melakukan penyaringan.

Semua makhluk hidup di bumi membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, terutama manusia. Manusia merupakan konsumen terbesar air, sehingga mereka berlomba –lomba untuk mendapatkan air dengan kualitas yang baik. Air dengan kualitas yang baik bisa didapatkan melalui alat penyaring air.  Karena tidak semua air yang kelihatan jernih merupakan air  yang baik bahkan bisa saja berbahaya untuk kesehatan bagi tubuh manusia.

penyaring airPencemaran lingkungan yang terjadi dilingkungan kita sungguh sudah sampai tahap memprihatinkan. Air sumur menjadi keruh dan berbau , air sungai  menjadi hitam dan sudah tidak mengalir dengan deras . Keberadaan air bersih menjadi langka dan mahal.

Namun anda tidak perlu khawatir dan pesimis  untuk mendapatkan air bersih, karena selama airnya masih ada  atau cukup banyak,  masih bisa diatasi dengan teknik penyaringan  dan penjernihan air yang sederhana dan murah.

Alat penyaring air adalah suatu alat yang  berisi media – media untuk menghasilkan air yang berkualitas dan berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, seperti : mandi, mencuci, minum dan lain-lain. Selain itu  alat penyaring air berfungsi untuk menghilangkan bau, warna kuning, maupun masalah air lainnya sehingga didapatkan kualitas air yang baik.

 

Beberapa Teknik Penyaring Air

Ada beberapa teknik penyaring air yang bisa kita lakukan sebagai alat penjernih air , baik anda  yang ada di  perkotaaan ataupun di pedasaaan , karena selain bahan – bahannya banyak tersedia di kota maupun di kota juga harganya masih relative terjangkau. Seperti beberapa teknik penyaring air sederhana yang bisa dilakukan diantaranya di bawah ini :

  • Teknik penyaringan memepergunakan media Kapas
  • Saringan Kain Katun
  • Teknik Saringan Pasir Lambat ( SPL )
  • Sistem Aerasi
  • Sistem penyaringan secara Gravitasi
  • Saringan media Keramik
  • Saringan dengan Tanah Liat
  • Sistim penyaringan Arang / Tempurung kelapa

 

Ada juga alat penyaring air yang diperkenalkan oleh Mahasiswa Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Bambang, Dedik Sumaryanta, dan Alfian Syahril Mustofa, menciptakan alat penyaring air sederhana. Alat tersebut berfungsi menyaring air kotor menjadi air bersih yang layak digunakan untuk keperluan sehari-hari. Sementara keperluan minum tetap memerlukan proses perebusan agar lebih aman.

Alat ini juga digunakan sirkulasi air yang digunakan untuk kolam ikan dengan tujuan menjadikan derajat keasaman (pH) netral sehingga tidak perlu mengganti air. Alfian menjelaskan, pembuataan alat dilatarbelakangi banyaknya air tanah dan air permukaan yang tercemar kotoran.

Padahal, air yang mengandung bakteri patogen atau zat-zat terlarut lain dapat berakibat langsung pada kesehatan. Penggunaan air yang tercemar untuk keperluan mandi atau cuci dapat berakibat langsung pada kesehatan mata dan kulit seperti kuman, kudis, kurap, dan borok. Penyakit mata juga mudah ditularkan lewat air.

Kulit dapat mengalami iritasi, kering, kusam, dan kehitaman bila menggunakan air dengan kandungan ion besi dan mangan yang tinggi. Makanan juga dapat terkontaminasi akibat peralatan dapur atau alat makan dicuci dengan air yang tercemar.

Dalam memenuhi kebutuhan air yang baik, kami dari NANO Smart Filter pembuat alat penyaring air yang berkualitas merupakan hasil inovasi unik penjernih air sehingga mampu memenuhi kebutuhan air yang cukup. Penggunaan media yang sesuai pada alat penyaring air sehingga mampu menghasilkan air  dengan teknologi terbaik.

 

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment