You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»reverse osmosis,Reverses Osmosis RO»Reverse Osmosis Rumahan Tipe Undersink

Reverse Osmosis Rumahan Tipe Undersink

Reverse Osmosis (RO) adalah metode penyaringan yang dapat menyaring berbagai molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran seleksi (lapisan penyaring). Reverse Osmosis umumnya menggunakan membran semipermeable. Membran semipermeabel ini harus dapat ditembus oleh pelarut, tapi tidak oleh zat terlarut. Sehingga akan menghasilkan air minum yang aman untuk dikonsumsi karena bebas dari zat dan kuman yang berbahaya.Saat ini sistem reverse osmosis dengan menggunaan jenis membran yang sangat tipis dan instalasi peralatan yang tidak lagi memerlukan tempat luas, turut mendukung sistem RO menjadi sistem yang umum digunakan untuk proses pemurnian air skala rumah tangga.

Reverse Osmosis rumah tangga tipe undersink ini sangat praktis karena tidak memerlukan tempat yang luas untuk menaruhnya. Karena RO model undersink umumnya diletakan dibwah kitchen sink (tempat cuci piring) sehingga dapat memanfaatkan ruang yang kosong tersebut. Walaupun dalam prakteknya kita juga bisa meletakan unit RO ini di atas kitchen sink ataupun ditempelkan pada diniding rumah anda. Jadi peletakan alat RO ini sangat fleksibel.

reverse osmosis tipe undersinkMembran RO merupakan inti dari sistem ini, sehingga pemilihan jenis, dan modul membran menjadi sangat penting dalam desain reverse osmosis rumah tangga tipe udersink. Membran RO dibuat dari selulosa asetat, selulosa triasetat, atau resin poliamida. Ketiganya memiliki keunggulan dan kelemahan yang spesifik. Sedangkan untuk modul membran, pada sistem rumah tangga modul yang dipilih biasanya modul jenis spiral wound.

Dengan menggunakan reverse osmosis untuk rumah tangga,  kita dapat mengolah air baku menjadi layak minum dan langsung dapat diminum tanpa memasak terlebih dahulu. Sehingga anda akan dengan mudah menikmati air segar langsung dari keran.

Untuk mendapatkan unit reverse osmosis rumah tangga tipe undersink kita dapat membelinya di toko alat filter air salah satunya NANO Smart Filter. Umumnya tersedia dalam dua kapasitas / banyaknya air yang dihasilkan yaitu 50 gpd dan 100 gpd (gallon per day).

Namun untuk rumah tangga yang beranggotakan 4-6 orang kita cukup menggunakan RO Undersink dengan kapasitas 50 gpd (Setara dengan 10 galon Indonesia per hari). Berikut ini spesifikasi unit Reverse Osmosis rumah tangga kapasitas 50 gpd:

  1. Satu buah Membran RO jenis TFC / TFM kapasitas 50 gpd (10 galon indonesia/ Hari).
  2. Satu buah boster pump RO 24 Volt DC + Adaptor AC/DC.
  3. Tiga buah housing filter 10 inchi yang masing-masing berisi Spun, GAC (granular aktif karbon) dan karbon blok (CTO).
  4. Satu tanki penampung hasil 9 liter (Tekanan maksimum 100 Psi) .
  5. Satu buah Post Carbon.
  6. Satu buah hexagonal alkali.
  7. Satu buah kran stainless stell bentuk leher angsa (faucet).
  8. Rangka plat besi, penempatan bisa diatas/dibawah meja atau di dinding.
  9. Hemat listrik hanya 28,8 watt.
  10. Dilengkapi dengan selang, connector untuk pipa air masuk, kunci pembuka Filter Housing, dan peralatan pemasangan lainnya.
  11. Menggunakan sistem otomatis air masuk (selenoid), tanki penuh (HPS), dan tanki kosong (LPS). Berikut ini uraian dari sistem otomastis yang dimaksud:
    • SELENOID: Menutup saluran air ke membran bila motor listrik dalam keadaan mati untuk mencegah terjadinya kebocoran pada saluran input (air tidak dapat masuk ke membran bila tidak ada listrik/pompa mati)
    • HPS (High Pressure Switch): Motor pompa akan mati secara otomatis jika tangki penampung air hasil pengolahan telah penuh.
    • LPS (Low Pressure Switch): Motor pompa akan mati secara otomatis jika tidak ada air, kran air ditutup, atau tekanan air terlalu rendah.


Berikut ini proses pengolahan air dalam Reverse Omosis Rumah Tangga:

  • Tahap Pertama : Air disaring dengan housing filter berisi spun 5 mikron yang terbuat dari 100% serat polypropylene murni .
  • Tahap kedua dan ketiga : Air disaring dengan housing filter berisi  filter karbon, terdiri dari GAC dan CTO.
  • Tahap Keempat : Air disaring dengan mengunakan membrane RO jenis TFC / TFM
  • Tahap Kelima : Air disaring dengan Inline filter karbon (polishing filter)

Dengan melwati beberapa proses tersebut maka unit RO rumah tangga dapat mengurangi bahkan menghilangkan kontaminan mikrobiologis seperti Kista (protozoa), anorganik / kontaminan Radiologi seperti Barium, Kadmium, tembaga, Chromium (hexvavalent), Chromim (trivalen), Fluoride, Lead, Radium 226/228, Selenium, Amonia, arsenik, chloramines, klorin, tembaga, timbal, nitrat, fosfat, silika, hardness, kalsium, magnesium, dan zat padatan terlarut lainnya.

Keunggulan air minum hasil RO adalah :

  1. Air minum menjadi lebih segar.
  2. Kualitas air minum bebas dari kontaminasi dari logam berat, virus, bakteri dan kuman.
  3. Melindungi kesehatan ginjal, jantung, liver, dan jaringan tubuh lainnya.
  4. Mudah dalam perawatan unit RO.
  5. Anda menjadi lebih hemat dan praktis dibandigkan membeli air minum kemasan.

Namun sebelum anda menggunakan unit Reverse Osmosis rumah tangga ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

  • Jika air umpan memiliki tingkat hardness di atas 300 ppm, sebaiknya menempatkan water softerner (Resin Anion/Kation) sebelum sistem RO.
  • Jika air umpan memiliki kandungan zat besi tinggi, kami sarankan menempatkan pre treatment filter sebelum sistem RO.
  • Jika air umpan memiliki masalah bakteri yang berlebih, sebaiknya menambahkan alat sinar ultraviolet  (UV) agar sterilisasi air minum lebih terjaga. Alat UV dapat diletakan  sebelum atau sesudah sistem RO.
  • Jangan gunakan unit RO untuk menyaring air panas, karena dapat merusak kinerja RO tersebut

Demikian artikel yang membahas reverse osmosis rumahan tipe undersink. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita sebelum menggunakan unit ro rumah tangga.

Sumber [AnekaSumber]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment