You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Minum,reverse osmosis»Reverse Osmosis Pada Billboard

Reverse Osmosis Pada Billboard

Reverse Osmosis adalah metode menyaring air menggunakan membran Reverse Osmosis (RO) yang memiliki keunggulan berupa lubang – lubang penyaring dengan ukuran sangat kecil yaitu 0,0001 mikron. Sehingga dapat menyaring kandungan logam, virus atau bakteri sehingga menghasilkan air murni bebas dari zat pencemar yang  berbahaya bagi tubuh. Umumnya sistem pengolahan air Reverse Osmosis (RO) digunakan pada industri, rumah sakit, perhotelan maupun perumahan.

Dengan kerjasama antara para peneliti dengan sebuah biro iklan untuk menghasilkan solusi mengatasi masalah krisis air minum . Maka terciptalah sebuah billboard atau papan iklan pertama di dunia yang mampu menangkap kelembaban udara dan mengubahnya menjadi air siap minum yang terpampang di pusat kota Lima, Peru, Amerika Selatan. Billboard tersebut  telah berhasil memyediakan air bersih. Hal ini menjadi solusi untuk mengatasi masalah kekurangan air bersih yang melanda kota Lima atau dikenal sebagai kota gurun terbesar kedua di dunia.

billboard reverse osmosisLebih tepatnya billboard ini terletak di ujung utara Atacama, gurun terkering di dunia. Kota Lima dan desa-desa sekitarnya mendapatkan sekitar 0,51 inci air dari curah hujan per tahun. Untuk waktu yang lama, ibu kota telah lama tergantung pada drainase dari pegunungan Andes dan limpasan dari gletser meleleh untuk kebutuhan air minum, tetapi karena perubahan iklim, pasokan air dari kedua sumber ini menurun. Dari 8,5 juta orang yang tinggal di Lima, 1,2 juta kekurangan air sepenuhnya dan harus menimba air dari sumur, yang diketahui tercemar, atau mengandalkan truk perusahaan air swasta yang datang tidak diatur.

Terinspirasi oleh fakta bahwa kelembaban udara rata-rata di kota ini sekitar 83%, karena lokasinya di sepanjang Samudra Pasifik Selatan, UTEC bermitra dengan biro iklan Mayo DraftFCB untuk membuat eye-catching billboard yang menghasilkan air dari kelembaban udara. University of Engineering and Technology Peru dan perusahaan periklanan, Mayo DraftFCBand mencipatakan teknologi ini guna membantu para warga yang kerap terpaksa mengambil air dari sumur yang tercemar.

Mereka bisa meletakkan teknologi ini di tempat yang berbeda. Bila memungkinkan di setiap desa, setiap kota. Air merupakan sumber kehidupan, ujar Fransisco Quilca, salah seorang penduduk daerah Bujama, Peru. Menurut sebuah video yang dibuat pihak universitas, curah hujan di Peru sangatlah sedikit, hanya berkisar dua inci setiap tahunnya. Kelembaban udara di kota ini pun cukup tinggi, yaitu sekitar 98%.

Billboard ini menggunakan sistem pemurnian air reverse osmosis atau osmosis berbalik yang menggunakan semi permeable membran untuk mendapatkan kemurnian air sebesar 95-99% dari segala pencemar yang terkandung didalamnya.

Air hasil penyaringan akan disimpan dalam tangki dengan kapasitas 20 liter. Air tersebut kemudian disalurkan ke bagian bawah billboard. Menurut pihak universitas, selama tiga bulan billboard ini telah menghasilkan 9.450 liter air.

Billboard air ini dibuat pada Januari, bertepatan dengan perubahan cuaca yang terjadi di daerah tropis, Andes. Penelitian dalam jurnal The Cryosphere menunjukkan bahwa gletser Andes, yang menyediakan air bersih bagi warga Peru dan negara sekitarnya, mengalami penyusutan sumber air sebanyak 30-50% sejak tahun 1970. Selama tiga dekade terakhir, penurunan di gletser Andes ini belum pernah terjadi sebelumnya, ujar penulis utama penelitian, Antoine Rabatel.

Saat ini Lima tengah mengalami berbagai masalah, seperti pasokan air yang berkurang karena perubahan iklim, pertumbuhan populasi, hingga masalah kerawanan pangan. Billboard air dianggap sebagai solusi inovatif yang telah dikembangkan untuk membantu beberapa masalah tersebut.

Wakil kepala PBB, Jan Eliasson mengatakan bahwa peningkatan akses terhadap air akan mengurangi masalah kesehatan ibu, angka kematian anak dan kemiskinan secara keseluruhan. Jika kita menggunakan air dan sanitasi yang tepat, kita bisa memiliki peningkatan besar untuk mencapai tujuan-tujuan lain.

Demikian artikel yang berjudul Reverse Osmosis Pada Billboard, Semoga pada masa depan terdapat penemuan atau inovasi baru sebagai solusi untuk mengatasi krisis air. Karena air merupakan kebutuhan pokok semua makhluk hidup di dunia.

Sumber [detik.com]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment