You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»air,Air Bersih,Air Minum»Pentingnya Air Putih

Pentingnya Air Putih

Air putih salah satu minuman terbaik untuk kesehatan organ tubuh. Karena air putih merupakan cairan yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Air adalah komponen utama dalam tubuh manusia, bahkan sekitar 55 persen berat tubuh kita adalah air. Tanpa air makhluk hidup tidak mungkin tumbuh dan berkembang karena air sangat vital untuk reaksi kimia tubuh.

Sebaiknya setiap orang minum air putih sekitar 6-8 gelas sehari. Tapi ada pedoman yang bisa diterapkan, yaitu 30 ml air per kilogram berat badan yang dimiliki seseorang. Kalau Anda punya berat badan 50 kilogram, maka kebutuhan air untuk tubuh minimal 1.500 ml atau 1,5 liter. Kebutuhan terhadap air juga dipengaruhi oleh aktivitas harian. Kalau aktivitas cukup tinggi, maka kebutuhan air juga lebih banyak.

Jika anda berada di ruang ber-AC, dianjurkan untuk minum air putih lebih banyak karena udara yang dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi.

Air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat. Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, kandungan airnya sekitar 60 – 90 % bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari. Cairan bukan hanya berasal dari minum air putih. Kuah sayur, air dari buah-buahan, dan sebagainya juga termasuk cairan yang dimanfaatkan tubuh agar tidak dehidrasi.

pentingnya air putih

Umumnya orang tidak mengetahui pentingnya khasiat air putih atau air mineral selain untuk menghilangkan dahaga. Air dapat juga menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan cara yang mudah dan murah.

Air putih wajib dikonsumsi setiap hari karena tubuh tidak bisa membuatnya. Untuk mengetahui peran air dalam tubuh kita, Yuk baca apa saja pentingnya air putih bagi organ tubuh berikut ini:

1. jantung
Dehidrasi akan menyebabkan penurunan volume darah sehingga jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah agar sel-sel tidak kekurangan oksigen. Akibatnya aktivitas fisik ringan seperti naik tangga atau berlari akan terasa lebih melelahkan.

2. Otak
Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat daya ingat lebih tajam, mood stabil dan motivasi lebih baik. Jika kecukupan air dalam tubuh baik, kemampuan kita dalam memecahkan masalah juga akan meningkat. Para ilmuwan menyebutkan kekurangan air akan menyebabkan aliran oksigen ke area otak berkurang sehingga sel-sel saraf menyusut sementara. Tak heran jika orang yang kehausan biasanya sulit berkonsentrasi.

3. Ginjal
Ginjal membutuhkan cairan untuk menyaring “sampah” dari peredaran darah dan membuangnya melalui urin. Kecukupan cairan juga akan membantu mencegah infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Dehidrasi berat akan menyebabkan ginjal berhenti berfungsi, sehingga toksin atau racun menumpuk di tubuh.

4. Kulit
Jika seseorang menderita dehidrasi berat, kulit menjadi kurang elastis. Kondisi ini berbeda dengan kulit kering, yang biasanya disebabkan karena zat kimia dalam sabun, air panas atau terpapar udara kering. Sayangnya, minum air putih tidak mencegah keriput.

5. Mulut
Air putih akan menjaga tenggorokan dan bibir lebih basah dan menjaga mulut kekeringan. Kondisi mulut yang kering bisa memicu bau mulut dan rasa yang tidak enak, bahkan gigi berlubang.

6. Otot
Dengan minum air putih maka kecukupan cairan terpenuhi, air di dalam dan luar sel yang berfungsi mengkontraksi otot menyediakan nutrisi yang cukup dan proses pembuangan berlangsung efisien sehingga performa tubuh akan baik. Air juga penting untuk melumaskan sendi. Namun kram otot tidak berkaitan dengan dehidrasi melainkan karena kelelahan otot.

7. Sirkulasi darah
Tubuh mengeluarkan panas dengan cara melebarkan pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit sehingga aliran darah lebih cepat dan panas lebih banyak yang dikeluarkan. Bila kita kekurangan cairan, dibutuhkan temperatur lingkungan yang lebih tinggi agar pembuluh darah melebar sehingga kita akan tetap kepanasan.

Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun. Saran untuk minum air putih paling sedikit adalah satu liter  lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Karena jika kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja tubuh kita sebanyak 22 %. Oleh karena itu bila tubuh kehilangan 7% cairan maka kita akan mulai merasa lemah dan lesu.

Sumber [AnekaSumber]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment