Pengolahan air bersih yang baik untuk rumah tangga

Pengolahan air bersih yang baik untuk rumah tangga, Dengan bertambahnya Jumlah Penduduk dan berkembangnya pemukiman baru di berbagai pelosok Indonesia. Menjadikan siklus atau proses penyaringan air alami dan kualitas air tanah menjadi menurun dan tercemar, sehingga timbul masalah air seperti air bau, air kotor, air mengandung besi, air berminyak, dan air berkapur.

Pengolahan air bersih rumah tangga sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas air yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dalam rumah tangga agar tetap sehat. Dengan Sistem Pengolahan Air Bersih Rumah Tangga , Sehingga kualitas air akan menjadi lebih baik dan anda akan merasakan nikmatnya dari air bersih , air jernih , air minum yang segar . Jika anda menggunakan pengolahan air bersih di rumah anda , maka anda tidak lagi membutuhkan air minum isi ulang , dengan begitu anda akan menjadi hemat dan tetap menikmati air minum yang berkualitas.

Zaman modern seperti sekarang ini  Pengolahan air bersih untuk konsumsi rumah tangga sudah banyak yang menggunakan teknologi filter air modern maupun penyaring air sederhana. Contohnya adalah  menggunakan sistem penjernihan air sederhana yang dikombinasikan dengan pengolahan air bersih secara kimia untuk menekan populasi polutan serta meningkatkan kejernihan air. Salah satunya adalah dengan penggunaan kaporit yang sering kita temui di sistem pengolahan air bersih kebanyakan yang masyarakat lakukan, cara ini dapat menghasilkan air bersih layak konsumsi dengan cepat serta dalam volume yang besar. Beberapa teknologi baru pengolahan air bersih yang dikembangkan menggunakan sistem membran untuk menyaring air agar terbebas dari polutan, bakteri dan juga mineral yang berpengaruh pada kualitas air baku yang dihasilkan. Teknologi membran ini dapat diaplikasikan untuk skala rumah tangga ataupun skala Industri. Beberapa sistem pengolahan air bersih dengan membran juga dibuat untuk konsumen dalam skala kecil atau rumah tangga.

Teknologi Pengolahan air bersih dengan menggunakan Alat Penyaring atau Penjernih air .

Pengolahan air bersih dengan filter penyaring atau pernjernihan air merupakan cara pengolahan air bersih yang banyak dilakukan orang ,  pengolahan air bersihkarena pengolahan air bersih dengan metode ini sangat mudah dan aman untuk menghasilkan air bersih dan air minum yang siap digunakan untuk kebutuhan rumah tangga . Pengolahan air bersih dengan menggunakan alat penyaring atau penjernih air sangat mudah didapatkan karena banyak sekali produsen filter air yang menawarkan produk sejenis, Namun anda harus lebih selektif dalam memilih alat penjernih atau penyaringan air supaya  anda dapat menikmati air bersih dan sehat . Salah satu produsen filter penjernih air terbaik adalah Nano Smart Filter , Dengan berbagai pengalamannya Penjernih air Nano Smart Filter telah membuktikan bahwa ia benar-benar mampu mengatasi masalah air seperti air bau, air kuning , air mengandung besi , air mengandung mangan , bahkan air berkapur , Baik untuk skala rumah tangga maupun skala industri.

Teknologi Pengolahan air bersih Sistem Ultra Filtrasi.

Pengolahan air bersih dengan Teknologi Ultra Filtrasi merupakan salah satu temuan yang menjadi terobosan penting dalam sistem pengolahan air bersih, teknik pengolahan air bersih dengan metode ini dapat menjadi solusi dari berbagai permasalahan yang seringpengolahan air bersih dialami dalam sistem pengolahan air bersih rumah tangga. Teknologi ini menggunakan membran untuk mebersihkan air dari partikel yang mengkontaminasi air baku serta bahan polutan lain sehingga terpisah dari air hasil olahan. Teknologi Ultra Filtrasi menggunakan membran yang sangat selektif guna memisahkan air dari polutan dan kontaminan; air yang dihasilkan akan memenuhi standar secara kimia, fisika dan biologi untuk dapat menhasilkan air minum yang siap dikonsumsi langsung oleh kita semua. Selain itu pengolahan air bersih menggunakan sistem ultra filtrasi biasanya digunakan juga dalam filter kolam koi.

Filter dengan nilai absolut pada pori – pori yang berukuran sangat kecil dapat menyaring mikro organisme dan bakteri dari air baku yang diolah, hal ini membuat pengolahan air bersih dengan ultra filtrasi  dapat digunakan untuk air yang didapatkan dari semua sumber air. Bahkan air limbah dapat diolah dengan sistem filter ultra filtrasi ini untuk menghasilkan air baku layak konsumsi , pengolahan air bersih dari sistem Ultra Filtrasi dapat membuang organisme yang tahan terhadap klorin , selain itu pengolahan air bersih juga dapat langsung membuang konsentrat dan partikel yang terkandung di dalam air limbah. Keunggulan lain pengolahan air bersih sistem ultra filtrasi adalah biaya instalasi yang cukup murah serta perawatan yang juga mudah dan aman. Sistem pengolahan air bersih ultra filtrasi  juga dikembangkan untuk menjadi sistem pengolahan air bersih otomatis dan diintegrasikan dengan sistem pengolahan air bersih reverse osmosis atau osmosis balik untuk memperpanjang umur membran penyaringan air  dari sistem reverse osmosis atau osmosis balik.

Pengolahan air bersih  rumah tangga dengan teknologi Reverse Osmosis

Sistem pengolahan air bersih osmosis terbalik atau reverse osmosis memiliki cara kerja kebalikan dari sistem osmosis pada umumnya. Keduanya menggunakan membran semi permeable yang memungkinkan cairan berpindah dari satu sisi membran semi permeable ke sisi lainnya. Teknologi pengolahan air bersih ini menggunakan membran yang miliki sifat selektif yang difungsikan untuk menyaring air yang diolah. Membran semi permeabel dengan dimensi 0,0001 mikron memungkinkan menyaring air dari partikel – partikel polutan yang bersifat polutan fisika, kimia dan biologi. Salah satu keunggulan sistem ini adalah pengaturan hasil pengolahan air hingga dapat mencapai nilai TDS terendah,  meskipun begitu, kebanyakan air bersih memiliki nilai TDS di bawah 100 sebagai standar kesehatan air minum dan masih memiliki kandungan berbagai mineral yang tidak berbahaya.pengolahan air bersih

Sistem pengolahan air bersih dengan sistem reverse osmosis atau osmosis balik dapat dilakukan dengan modul yang sederhana dan memiliki berbagai keunggulan. Alat pengolahan air bersih reverse osmosis hanya membutuhkan energi yang kecil sehingga tergolong hemat konsumsi energi. Dengan ukuran modul pengolahan air bersih  yang dapat dibuat dalam skala kecil, sistem pengolahana air besih ini dapat diaplikasikan sebagai solusi penyedia kebutuhan air baku konsumsi di tingkat rumah tangga. Air hasil pengolahan air bersih dengan  reverse osmosis dapat langsung dikonsumsi tanpa menjalani proses dipanaskan hingga mendidih sehingga dapat menjadi penyaring air atau penghasil air minum.

Bagaimana Sahabat Nano, Semoga artikel tentang pengolahan air bersih yang baik untuk rumah tangga dapat menambah pengetahuan kita tentang cara pengolahan air bersih yang baik dan benar.

Sumber [berbagai sumber]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment