Menyaring Air Keruh Jadi Jernih

Air keruh dan berwarna kuning sering dikeluhkan oleh sebagain besar pengguna air, khususnya pengguna air tanah atau air sumur. Air keruh kuning disebabkan adanya kandungan zat besi yang tinggi pada air tersebut, selain  keruh dan berwarna kuning air dengan kandungan zat besi (Fe) yang tinggi biasanya ada bau besi yang menyengat dan adanya endapan minyak diatas permukaan air bila air keruh ini di didiamkan.

Air dengan kandungan zat besi tinggi jika digunakan untuk kebutuhan sehari- hari dapat menganggu kesehatan anda, selain itu air mengandung zat besi tinggi jika dibiarkan akan menyumbat dan merusak saluran air bahkan dapat merusak perabotan lainnya di rumah anda.

filter air keruhAda beberapa cara untuk menghilangkan zat besi dalam air diantarannya yakni dengan cara oksidasi, dengan cara koagulasi, cara elektrolitik, cara pertukaran ion, cara filtrasi kontak, proses soda lime, pengolahan dengan bakteri besi dan cara lainnya.

Proses penghilangan zat besi tinggi dengan cara oksidasi dapat dilakukan dengan cara oksidasi dengan udara atau aerasi, Selain dengan cara oksidasi, penghilangan senyawa besi dalam air yang umum digunakan khususnya untuk skala rumah tangga yakni dengan menggunakan filter air.

Untuk menyaring air keruh menjadi air jernih yang umum dilakukan adalah dengan cara oksidasi dan penyaringan:

Oksidasi Dengan Udara (Aerasi)

Air yang ditampung ke dalam tandon/ toren / penampungan air di buat lebih banyak kontak dengan udara misalnya dengan memasukan udara kedalam air melalui pompa udara sepeti pompa akuarium. Hal ini dilakukan agar zat besi lebih cepat teroksidasi dan selanjutnya zat besi yang telah teroksidasi akan mengendap dengan sendirinya. Namun proses oksidasi dan pengendapan secara alami ini memakan proses waktu lama.

Oksidasi Dengan Kimia

Untuk mempercepat proses oksidasi dan pengendapan dapat dilakukan dengan pemberian klorine, kapur, kaporit atau kalsium hipokhlorit. Untuk mengoksidasi atau menghilangkan besi dan mangan dengan pemberian kaporit ini relatif sangat mudah karena berupa serbuk atau tablet yang mudah larut dalam air. Selain itu kaporit juga dapat membunuh kuman dan bakteri yang dapat merugikan kesehatan.

Menggunakan Filter Air

Filter air adalah suatu alat yang berfungsi untuk menyaring dan menghilangkan kontaminan di dalam air dengan menggunakan penghalang atau media filter, baik secara proses fisika, kimia maupun biologi. Filter air dapat digunakan secara luas untuk irigasi, air minum, akuarium dan kolam renang. Sehingga air yang anda gunakan bersih, sehat, jernih, dan tidak berbau kembali.

Proses merubah air keruh menjadi air jernih menggunakan filter/penyaring air merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk menghilangkan kandungan zat besi yang tinggi. Merek penyaring air yang terbukti mampu merubah  air keruh menjadi air jernih adalah Nano Smart Filter. Penyaring air keruh  Nano Smart Filter menggunakan media filter berupa PureTAG Super ditambah dengan karbon aktif berkualitas. Media filter pureTAG Super memiliki daya serap yang tinggi ditambah lagi dengan karbon aktif maka daya serap akan lebih maksimal, Sehingga air keruh karena besi tinggi akan menjadi jernih dan tidak berbau.

Dengan menggunakan filter penyaring air Nano Smart Filter maka ketersediaan air bersih di rumah anda akan terjamin. Filter air Nano Smart Filter hemat energi dan ramah lingkungan karena filter penyaringan ini tanpa menggunakan listrik, cara perawatannya sangat mudah.

Sumber [Aneka Sumber]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment