Mengatasi Air Berlumut

Air berlumut terlihat menjijikan dan sangat mengganggu, lalu apa penyebab air dirumah sehingga mengandung lumut? Umumnya penyebab air mengandung lumut bersumber dari  penampung air / toren air yang digunakan ditumbuhi oleh lumut.

Hampir seluruh rumah tangga mempunyai tangki penyimpan air bersih yang letaknya dilantai paling tinggi atau menggunakan kerangka besi sebagai penyangga toren air yang tingginya melebihi tinggi bangunan rumah tinggal dan tidak diberi penutup/pelindung, hal tersebut menyebabkan penampung air terkena sinar matahari secara langsung . Penampungan air yang umumnya terbuat dari bahan fiber atau poly thylene dan berwarna cerah apabila terkena kena sinar matahari cepat sekali menimbulkan lumut. Menurut beberapa sumber penampungan air yang terkena sinar matahari ditumbuhi lumut  karena adanya proses persenyawaan antara plankton-plankton yang ada didalam air pada tangki dengan sinar matahari.

Apabila telah ditumbuhi oleh lumut maka tangki penyimpanan air tersebut harus selalu dibersihkan minimal satu minggu sekali. Jika toren air tidak dibersihkan maka lumut tersebut akan mengalir terbawa kedalam pipa saluran air yang akan menyebabkan tersumbatnya pipa air. Jadi dapat dibayangkan betapa repotnya jika harus selalu membersihkan tangki air yang terletak diatas rumah atau yang terletak pada besi penyangga yang tinggi, hali ini sangat menyita waktu dan membutuhkan tenaga ekstra untuk membersihkan lumut tersebut.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi air berlumut pada penampungan air yang dapat anda coba dirumah:

Lindungi Penampungan Air Dari Sinar Matahari

Melindungi tandon/ toren air dapat dilakukan dengan membuatkan bangunan khusus agar toren air tidak terkena sinar matahari secara langsung. Namun cara tersebut cukup memakan tempat.
Cara yang lainnya dan cukup praktis untuk melindungi penampung air adalah dengan mengecat bagian luar toren air menggunakan cat kayu atau cat besi berwarna hitam  dan diberi lapisan cat kedua berwarna putih.

Mengapa menggunakan dua warna cat yang berbeda? Tujuannya adalah agar sinar matahari tidak tembus ke dalam toren air dan sinar matahari dapat memantul kembali. Cat berwarna hitam supaya sinar matahari tidak dapat tembus ke dalam toren/penampungan air. Sedangkan cat berwana putih berguna untuk memantulkan sinar matahari.

penyaring air lumutMenggunakan Penyaring Air

Penyaring air cara mudah untuk mengatasi air berlumut karena di dalamnya terdapat media filter yang halus sehingga dapat menyaring lumut agar tidak masuk ke saluran pipa retribusi air dirumah anda. Selain dapat menyaring lumut dalam air, Filter air juga berfungsi menyerap zat-zat berbahaya pada air yang anda gunakan. Sehingga anda mendapatkan air yang bersih dan sehat.  Penyaring air ini dapat diletakan dimana saja karena tidak memakan tempat di rumah anda.

Merek filter air yang terpercaya mengatasi masalah air anda adalah Nano Smart Filter.  Penyaring air Nano Smart Filter menggunakan media filter PureTAG Super dan Karbon Aktif. Keunggulan Media filter pureTAG Super dan Karbon aktif  adalah daya serapnya  yang tinggi. Dengan begitu air berlumut akan menjadi jernih dan zat-zat berbahaya dalam air anda dapat diserap dengan maksimal. Keunggulan lain dari penyaring air Nano Smart Filter adalah desain yang modern dan tidak menggunakan listrik.

Demikian tips untuk menghilangkan / mengatasi air berlumut dirumah anda. Dengan menerapkan cara cara diatas diharapkan air dirumah anda tidak berlumut dan kuallitas air dirumah anda menjadi lebih baik dan keluarga lebih sehat.

Sumber [Aneka Sumber]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment