You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Minum,reverse osmosis»Membuat Air Tawar Diatas Kapal

Membuat Air Tawar Diatas Kapal

Membuat air tawar diatas kapal laut kini bukan hal yang mustahil. Dengan menggunakan sistem reverse osmosis (RO) kita dapat membuat air tawar diatas kapal dengan mudah. Membuat air tawar diatas kapal laut sangat penting karena air tawar di atas kapal laut menjadi kebutuhan utama. Hal ini dikarenakan air tawar digunakan untuk makan, minum, mandi, cuci para ABK, pendinginan mesin dan kebutuhan lainnya di kapal laut. Membuat air tawar dengan sistem Reverse Osmosis (RO) sangat tepat apabila diterapkan pada kapal-kapal niaga dan kapal penumpang dengan tingkat kebutuhan air tawar yang tinggi dan juga rute pelayaran yang relatif jauh.

Berikut ini skema membuat air tawar diatas kapal laut dengan sistem Reverse Osmosis (RO):

Air baku yang berasal dari air laut dipompa dengan menggunakan pompa clarifier/sea water pump menuju tangki penampung air baku. Dari tangki penampung air baku, air baku dipompa ke tangki reaktor sambil diinjeksi dengan larutan kalium permanganat (KMn04) yang disediakan pada KMn04 tank dengan menggunakan pompa dosing, agar zat besi atau mangan yang larut dalam air baku dapat dioksidasi menjadi bentuk senyawa oksida Besi atau Mangan yang tak larut dalam air. Selain itu, pembubuhan Kalium permanganate bersifat oksidator yang juga dapat berfungsi untuk membunuh mikroorganisme yang dapat menyebabkan biofouling (penyumbatan oleh bakteri) di dalam membrane Reverse Osmosis.

Dari tangki reaktor, air yang telah teroksidasi dan juga padatan tersuspensi yang berupa partikel halus,plankton dan hasil oksidasi lainnya termasuk besi dan mangan disaring dengan saringan pasir. Air yang keluar dari saringan pasir selanjutnya dialirkan ke filter Mangan Zeolit (manganese greensand filter) atau bisa diganti dengan pureTAG Super agar hasil lebih maksimal. Dengan adanya filter Mangan Zeolit ini,zat besi atau mangan yang belum teroksidasi di dalam tangki reaktor dapat dihilangkan sampai konsentrasi < 0,1 mg/l. Zat Besi dan mangan ini harus dihilangkan terlebih dahulu karena zat-zat tersebut dapat menimbulkan kerak (scale) di dalam membrane RO. Dari filter Mangan Zeolit,air dialirkan ke filter karbon aktif (activated carbon filter) untuk menghilangkan bau atau warna serta polutan mikro. Filter ini mempunyai fungsi untuk menghilangkan senyawa warna dalam air baku yang dapat mempercepat penyumbatan membrane Reverse Osmosis secara adsorbsi.

membuat air tawar dari kapal lautSetelah melalui filter penghilang warna,air dialirkan ke filter cartridge yang dapat menyaring partikel kotoran sampai ukuran 0,5 mikron. Dari filter cartridge,selanjutnya air dialirkan ke unit membrane RO dengan menggunakan pompa tekanan tinggi sambil diinjeksi dengan zat anti kerak (anti skalant) dan zat anti biofouling. Pada unit membrane RO ini terjadi proses penyaringan mikroorganisme,logam berat , bakteri, virus ,bahan anorganik dan bahan berbahaya lainnya yang terlarut dalam air. Dengan demikian hanya molekul air saja yang dapat menembus membrane sehingga dapat menghasilkan air yang sangat murni.

Air yang keluar dari modul membrane Reverse Osmosis yakni air tawar dan air buangan garam yang telah dipekatkan. Selanjutnya produk air tawar dialirkan ke tangki penampung air produk (Fresh water tank) yang terletak di sisi kanan (starboard) dan sisi kiri (portside) main deck kapal. Sedangkan air buangan atau reject brine dibuang mealui sistem bilga. Dari tangki penampung air produk air tawar dialirkan menuju pressure tank/hydrophore dengan menggunakan pompa. Dari pressure tank air tawar kemudian didistribusikan ke masing-masing geladak untuk memenuhi semua kebutuhan air tawar pada kapal.

Kelebihan membuat air tawar diatas kapal dengan sistem RO antara lain :
– Kapal Mampu memproduksi air tawar yang siap minum.
– Mampu memperkecil ukuran tangki air tawar.
– Untuk pembangunan kapal baru mampu memperbesar nilai muatan (payload).
– Menghemat ruangan di kapal.
– Konsumsi daya sangat rendah.
– Biaya operasi sistem air tawar dengan RO lebih murah dari pada sistem konvensional.

Demikian artikel yang berjudul “Membuat Air Tawar Diatas Kapal”. Di dalam prakteknya, proses membuat air tawar dengan sistem reverse osmosis terdiri dari dua bagian yakni unit pengolahan pendahuluan dan unit Reverse Osmosis. Untuk menunjang pengoperasiannya sistem ini juga memerlukan banyak komponen-komponen tambahan seperti tangki-tangki cairan bahan kimia,saringan-saringan (filter) sehingga sistem instalasi perpipaannya menjadi lebih baik. Unit pengolahan pendahuluan tersebut terdiri dari beberapa peralatan utama yakni pompa air baku,tangki reaktor,saringan pasir,filter mangan zeolit,dan filter penghilang warna (color removal),dan filter cartridge ukuran 0,5 μm,serta pompa dosing untuk anti scalant,dan anti biofouling. Sedangkan unit RO terdiri dari pompa tekanan tinggi dan membrane Reverse Osmosis.

Jika anda membutuhkan alat pengolah air laut untuk membuat air minum, Kami siap membantu 🙂
Sila hubungi kantor kami di (021) 29529630 / (021) 29529631 atau email ke sales@nanosmartfilter.com

Sumber [http://goo.gl/iUED68]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment