membuang air limbah menguntungkan bagi singapura

Air limbah rumah tangga yang kita buang ke got, rupanya harta karun bagi Singapura. Kepada air bekas mandi dan mencuci itu, ketersediaan pasokan air bersih layak minum mereka gantungkan.
Untuk memastikannya, Singapura membangun dua fasilitas canggih. Yaitu unit pengolahan air limbah bernama NeWater dan waduk sekaligus penampungan air bersih bernama Marina Barrage. air limbah

“NeWater dan Marina Baragge mampu sediakan air bersih sampai 100 tahun ke depan,” kata James, staf NeWater di instalasi NeWater, Changi, Singapura.
Pengolahan air limbah rumah tangga dimulai dari penampungannya di jaringan pipa yang berada 60 meter di bawah permukaan tanah. Di gorong-gorong raksasa itu juga ditampung luapan air limbah dari kanal dan sungai bila terjadi banjir.
Setelah dipompa naik ke kilang di NeWater, air limbah disaring -dengan serangkaian filter air / penyaringan air yang tidak tembus mikro organisme. Filter air diprogram untuk dapat membersihkan diri sendiri dari air limbah per 15 menit dan diganti unit baru tiap lima tahun.

Air limbah ‘lolos sensor’ disaring lagi secara reverse osmosis dilanjutkan pencahayaan ultra violet yang kekuatan radiasinya sama dengan sinar matahari. Lama pencahayaan kurang dari 1 detik dengan suhu 60 derajat celcius, sehingga air limbah yang sudah diolah tadi bebas dari bakteri berbahaya

“Menurut standar WHO, air limbah yang telah melalui rangkaian tahapan penyarinagan air limbah ini kualitasnya layak minum,” papar James.
Lantas bagaimana nasib air limbah yang tidak lolos sensor?

“Kami olah lagi air limbah tersebut hingga tidak lagi beracun. Kemuan air limbah tersebut dialirkan ke laut melalui Marina Baragge,” jawab kakek yang nampak bugar ini.
Prosedur serupa juga diberlakukan terhadap air hujan dari 16 unit penampungan dan air impor dari Johor, Malaysia. Sumber harapan lain air bersih warga Singapura adalah dari fasilitas desalinasi/penyulingan air laut.
Dengan segala kecanggihan cara pengolahannya, apakah warga Singapura harus membayar mahal untuk mendapatkan air bersih?

“Nilai rata-rata tagihan air bersih di apartemen tiga kamar tidur (diasumsikan keluarga terdiri sepasang suami-istri dengan dua anak) adalah SG$ 20 per bulan,” jawab Joy Tan Wern Tze, menager komunikasi PUB yang mengelola Marina Barrage.

“Kami tidak bisa kenakan tarif tinggi sebab air bersih kebutuhan pokok. Tapi tidak mungkin membuatnya lebih murah agar warga sadar berhemat sebab air bersih adalah harta,” sambungnya.
Jadi jangan harap di Singapura ada pipa air bersih yang bocor berhari-hari hingga merusak aspal jalan seperti sering kita jumpai di Indonesia.

Sumber [detik.com]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment