You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Bersih,air tanah»Masalah air saat musim hujan

Masalah air saat musim hujan

Masalah air saat musim hujan. Perubahan musim seringkali mempengaruhi kualitas air yang ada di masing-masing lingkungan. Saat musim hujan yang biasanya bulan November-April, peningkatan curah hujan akan menambah volume air tanah. Masalah air yang terjadi adalah kualitas air yang kemudian terjadi ialah warna air menjadi lebih keruh akibat bercampur lumpur, kadar logam beratnya menjadi lebih tinggi (umumnya zat besi), serta pH-nya cenderung lebih basa.

Air tanah atau air sumur bor merupakan sumber air  yang umumnya digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Namun pada saat musim hujan air berubah menjadi keruh dan kadar zat besi akan meningkat sehingga mengakibatkan harus dilakukan pengolahan dan penyaringan air terlebih dahulu sebelum dipergunakan, karena standar kandungan besi dalam air yang telah di tetapkan oleh Departemen kesehatan di dalam Permenkes No.416/Per/Menkes/IX/1990 tentang air bersih yaitu kandungan zat besi hanya sebesar 1,0 mg/l.

Ciri-ciri umum masalah air sumur bor yang mengandung zat besi yaitu air berwarna kuning, keruh terdapat bau tak sedap / bau karat besi, terkadang air keluar jernih tetapi jika diendapkan beberapa saat menjadi berubah warna kuning. Kondisi air tidak enak jika digunakan untuk mandi lengket gatal – gatal di badan.

Berikut cara mengatasi masalah air keruh, bau, kuning, berminyak, yang disebabkan oleh tingginya zat besi:

1. Teknik Penyaringan ( Filtrasi )
air keruh saat musim hujanProses penyaringan merupakan bagian dari pengolahan air yang pada prinsipnya adalah untuk mengurangi bahan-bahan organik maupun bahan-bahan an organik yang berada dalam air. Cara terbaik dan efisien untuk mengatasi masalah air tanah yang mengadung besi berlebih adalah menggunakan alat penyaring air. Saat ini banyak perusahaan yang menjual filter air rumah, sehingga anda dapat dengan mudah menemukannya. Salah satunya adalah Nano Smart Filter, dengan penyaring air Nano Smart Filter permasalahan air anda dapat teratasi dengan mudah. Penyaring air Nano Smart Filter  menggunakan media filter PureTAG Super yang berfungsi menyerap kadar besi maupun zat mangan berlebih dalam air. Selain menggunakan media filter PureTAG Super Nano Smart Filter juga mengkombinasikan dengan media filter lainnya seperti Super Karbon Aktif yang dapat menyarap bau dan membunuh bakteri. Sehingga anda mendapatkan air bersih yang segar untuk memenuhi kebutuhan air harian anda.

2. Aerasi
Besi (Fe) dapat dihilangkan dari dalam air dengan melakukan oksidasi menjadi Fe (OH)3 yang tidak larut dalam air, kemudian dilanjutkan dengan pengendapan dan penyaringan air keruh dan bau. Proses oksidasi dilakukan dengan menggunakan udara biasa di sebut aerasi yaitu dengan cara memasukkan udara dalam air efeknya kadar besi mengendap ke bawah sehingga kotoran2nya menempel di bak penampungan/toren air. Kelemahanya mungkin kita akan sering menguras toren tersebut agar kotoran endapan tidak ikut ke pipa instalasi.

3. Menggunakan Bahan Kimia.
Banyak sekali jenis bahan kimia yang dapat dipergunakan untuk mengatasi  masalah air keruh dan bau  untuk menurunkan zat besi ini. Zat kimia seperti Polimer Aluminium Clorid , kaporit ,tawas dll. Namun cara ini tidak akan dibahas karena menggunakan bahan kimia untuk menjernihkan air harus menggunakan takaran dan metode tertentu dan takarannya berbeda beda tergantung dari seberapa tingginya zat besi dalam air tsb.

4. Oksidasi Dengan Kalium Permangganat
Untuk mengurangi bahkan menghilangkan besi dan mangan dalam air keruh dan bau, dapat pula dilakukan dengan penyaring air cara mengoksidasinya dengan memakai oksidator kalium permanganat pada media filter. Secara perhitungan, untuk mengoksidasi 1 mg/l besi diperlukan 0,94 mg/l kalium permanganat dan untuk 1 mg/l mangan diperlukan 1,92 mg/l kalium permanganat. Dalam prakteknya, kebutuhan kalium permanganat ternyata lebih sedikit dari kebutuhan yang dihitung berdasarkan stokhiometri. Hal ini disebabkan karena terbentuknya mangan dioksida yang berlebihan yang dapat berfungsi sebagai oksidator pada penyaring air.

Demikian airtikel yang membahas cara mengatasi masalah air saat musim hujan. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kita semua.

Sumber [http://goo.gl/5MQvY9]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment