Martin riese sang ahli air putih

Sommelier atau ahli dalam bidang wine ataupun bir sudah lama ada, tetapi bagaimana dengan air putih? Karena obsesinya terhadap air putih, seorang pria di Amerika Serikat menjadi seorang water sommelier yang memperkenalkan gourmet water.

Adalah Martin Riese yang mempunyai pekerjaan cukup unik ini. Ia adalah water sommelier di restoran Ray’s and Stark yang terletak di Los Angeles County Museum of Art. Tidak main-main, Martin adalah water sommelier bersertifikasi dari Doemen’s di Jerman, salah satu sekolah yang menawarkan sertifikasi untuk spesialis air putih.

Sebelumnya ia bekerja di restoran peraih Michelin Star di seluruh dunia. Pada tahun 2005, Martin memperkenalkan serangkaian menu berisi 40 label air putih di sebuah restoran Jerman. Pada tahun 2009 ia juga menulis buku khusus tentang air putih.

Pada hari Senin (22/07/2013) Martin yang juga menjabat sebagai general manager akan meluncurkan menu air minum di restoran Ray’s and Stark. Tidak sembarangan, beberapa air minum botol ini dihargai hingga $20 atau sekitar Rp 201.500! Jika menu tersebut terbukti sukses, nantinya akan diperkenalkan di grup restoran Patina lainnya.

Martin berharap rangkaian menu yang terdiri dari 20 air putih dari 10 negara ini akan membawa pengalaman berbeda untuk para pegunjung. “Beberapa air minum mempunyai bau chlorine, sebagai orang restoran saya tidak mau meminumnya. Saat Anda makan hidangan dan wine enak, pengalaman tersebut pasti tidak ingin terkontaminasi dengan air yang tidak enak,” tutur Martin kepada L.A. Times (21/07/2013).

Menu yang diperkenalkan terdiri dari foto dari masing-masing botol minuman dan kandungan dalam air putih. Juga sistem penilaian yang bisa memperlihatkan pada pengunjung tingkat kepahitan atau manis pada produk tertentu.

Konsep menu air putih ini sendiri bukan hal baru di Eropa. Bermula dari Le Water Bar Colette di Paris, tren ini menyebar hingga restoran The Bazaar, Los Angeles yang menawarkan menu air putih beberapa tahun lalu. Tapi, sayangnya, konsep ini dinilai tidak terlalu sukses.

Sumber [food.detik.com]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment