You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Bersih,air tanah»Manfaat Mandi Air Panas dan Air Dingin

Manfaat Mandi Air Panas dan Air Dingin

Manfaat mandi air panas dan air dingin. Mandi adalah kegiatan yang penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Ada orang yang lebih suka mandi dengan air hangat setiap pagi, tetapi ada juga yang menganggap mandi dengan air dingin lebih menyegarkan. Pada dasarnya keduanya sama-sama memiliki manfaat, hanya untuk hal yang berbeda saja.

Berikut ini masing-masing perbedaan manfaat mandi air dingin dan air panas.

Manfaat Mandi Menggunakan Air Dingin
Pagi hari adalah saat dimana suhu udara dan air masih dingin dan sejuk, sehingga banyak orang menjadi malas mandi menggunakan air dingin pada pagi hari. Padahal pada pagi hari mandi dengan air yang dingin sangat baik dan banyak manfaatnya bagi kesehatan. Berikut ini manfaat mandi air dingin bagi kesehatan tubuh :

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Mandi air dingin bisa meningkatkan sirkulasi darah, sehingga pada akhirnya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk jantung dan membantu mencegah hipertensi, pengerasan arteri, dan mencegah varises.

2. Menambah Kekuatan Sistem Kekebalan Tubuh
Paparan air dingin dapat memperkuat kekebalan tubuh, karena hal ini akan meningkatkan kadar sel darah putih dan tingkat metabolisme – yang bisa mengurangi kemungkinan flu, dan bahkan beberapa jenis kanker.

3. Mengatur Suhu Tubuh
Mandi dingin juga bisa  membantu mengatur suhu tubuh, yang bermanfaat untuk mengaktifkan sistem penyembuhan oleh tubuh.

4. Meminimalkan Depresi
Selain merangsang pembakaran lemak tubuh, mandi air dingin juga bisa merangsang otak mengeluarkan noradrenalin, yang bisa meminimalkan depresi.

5. Merangsang Penurunan Berat Badan
Lemak ada dalam bentuk yang berbeda-beda.  Apa yang Anda makan adalah apa yang akan membuat pada tubuh Anda. Mandi air dingin akan mendorong produksi energi pembakaran lemak coklat (sebagai lawan dari lemak putih), dan bisa mempercepat metabolisme tubuh Anda.

6. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
Air panas bisa membuat rambut dan kuku menjadi kering. Tapi air dingin justru bisa membantu mengencangkan pori-pori, mendorong detoksifikasi(membuat kulit cerah), dan kutikula (yang membuat rambut sehat dan kuat).

7. Meningkatkan Gerakan Limfatik
Sistem limfatik berperan penting untuk mengeluarkan limbah dan mengangkut sel darah putih untuk melawan infeksi, yaitu sebuah proses yang bergantung pada kontraksi otot. Mandi air dingin akan mendorong terjadinya kontraksi itu dan membantu sistem limfatik.

8. Memperdalam Pernafasan
Mandi dingin bermanfaat juga untuk membuka paru-paru, sehingga bisa mengambil nafas yang dalam. Dengan demikian akan memungkinkan bagi tubuh untuk mengambil lebih banyak oksigen, dan mencegah kelelahan.

9. Meningkatkan Produksi Hormon
Jika Anda sedang mencoba untuk hamil, suruhlah pasangan Anda untuk mulai mandi air dingin. Paparan air panas yang sering bisa mengurangi jumlah sperma. Mandi air hangat bahkan digunakan sebagai kontrasepsi pada tahun 1950 an, meskipun ini tidak begitu populer.

10. Meningkatkan Energi dan Pikiran
Siapa pun yang pernah mandi air dingin pasti tahu, bahwa betapa itu sangat menyegarkan. Mandi air hangat memang nyaman, tapi pilihlah air dingin jika Anda ingin benar-benar bisa membangkitkan tubuh dan pikiran.

manfaat mandi air dingin dan air panas

Setelah diatas dibahas manfaat mandi menggunakan air dingin, Sekarang kita akan membahas manfaat mandi menggunakan air panas / air hangat.

Manfaat mandi Air Hangat bagi kesehatan tubuh:

1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Dengan mandi air hangat, membuat istirahat atau tidur kita akan lebih pulas. Sehingga ketika bangun, tubuh kembali ke performa terbaiknya.

2. Meredakan Flu dan Batuk
Mandi air hangat dapat meredakan penyakit batuk yang sedang menyerang kita, ini dikarenakan uap panas yang berasal dari air hangat tersebut kita hirup sobat, dan lagi uap itu pula bisa menghilangkan phlegm (hingus/dahak) yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan kita.

3. Kulit Menjadi Lebih Bersih dan Lembab
Mandi air hangat dapat membuat pori-pori pada kulit kita terbuka (melembab) sehingga kulit kita tampak segar dan tidak kering. Air hangat juga dapat membersihkan kulit. Pori – pori yang tersumbat dapat menyebabkan blemish dan penumpukan toksin pada kulit. bila pori – pori sudah terbuka itu akan membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan sehingga segala kotoran pun akan terlepas. Bila ingin ditutup kembali maka tinggal disiram dengan air dingin.

4. Memperlancar Peredaran Darah
Dengan mandi air hangat juga dapat melancarkan sistem peredaran darah kita sobat, dan salah satunya adalah peredaran darah yang menuju ke otak sehingga kita tidak akan mudah terserang migrain.

5. Megurangi Depresi atau Stress
Mandi air hangat juga dapat membantu menghilangkan rasa stress yang melanda pikiran kita dari berbagai beban pikiran yang membuat kita merasa lemah.

6. Membuat Rileks Otot
Mandi ari hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi tubuh, air hangat dapat merawat rasa sakit pada otot dan persendian yang disebabkan oleh artritis, otot sobek, dan kelelahan. Rasa hangat akan merangsang sirkulasi dan aliran darah. Pada waktu bersamaan, terjadi pelemasan sendi, tendon, jaringan dan otot. Walau tidak menyembuhkan secara permanen, lima menit mandi air hangat dapat mengurangi sakit, merangsang penyembuhan, dan mengurangi radang.

7. Menurunkan Tingkat Gula Darah
Dengan mandi air hangat, dapat meringankan penderita diabetes. Ini dikarenakan, dengan mandi air hangat atau berendam selama setengah jam mampu menurunkan tingkat gula darah yang ada bagi penderita diabetes.

8. Baik Untuk Jatung
Dengan mandi air hangat, dipercaya mampu memperbaiki kesehatan organ jantung kita.

9. Menyembuhkan Penyakit Insomnia (Susah Tidur)
Mandi air hangat juga bisa menyembuhkan penyakit insomnia. Karena dengan mandi mengguakan air hangat tubuh akan menjadi rileks. Sehingga kita menjadi lebih mudah untuk tidur dan penyakit insomnia pun akan berangsur angsur hilang.

10. Baik Sebelum Berolahraga
Mandi air hangat juga bisa di dilakukan sebagai pemanasan sebelum latihan, dengan mandi air hangat pada pagi hari adalah cara efektif untuk memanaskan tubuh kita sebelum berolahraga pagi. Ketika kita bangun tidur, otot – otot bisa jadi masih dalam keadaan kaku, ini menyebabkan kita mudah keram, dan peredaran darah pun kurang begitu lancar, sehingga dengan mandi air panas di pagi hari ini dapat melancarkan peredaran darah dan menangkal otot – otot untuk terjadi keram karena kaku.

Demikian artikel yang membahas perbedaan manfaat mandi air panas dan air dingin. Jadi dapat disimpulkan bahwa mandi air dingin atau air panas sebenarnya sama-sama bermanfaat. Bukan hanya karena cuaca sedang dingin atau panas, tetapi masing-masing punya khasiat yang bisa merawat kesehatan tubuh. Saat tubuh sangat lelah karena aktivitas seharian sebaiknya adalah mandi air hangat. Tetapi bila cuaca sedang terik sebaiknya mandi menggunakan air dingin sehingga tubuh terasa segar kembali.

Sumber :
[http://goo.gl/OgpjWU]
[http://goo.gl/Lwn4QP]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment