You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Bersih»Hari Air Sedunia 2016

Hari Air Sedunia 2016

Hari air sedunia 2016 kali ini bertepatan dengan Hari Air Sedunia yang ke 34. Hari Air Sedunia adalah perayaan tahunan yang dilakukan untuk kembali menarik perhatian publik pada pentingnya air bersih dan penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Hari Air sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, peringatan ini pertamakali diumumkan pada siding umum PBB ke-47 pada tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.  Peringatan hari ini mulai pada tahun 1993 untuk memotivasi publik untuk memberikan dukungannya dalan konservasi air dengan mengurangi penggunaan keran air sepanjang hari.

Setiap tahunnya Hari Air Sedunia ini mengusung tema-tema khusus, sebagai contoh pada tahun 2009 dengan tema “Shared water, shared opportunities” atau “Air Bersama, Peluang Bersama.”

Mengapa Hari Air Sedunia Dirayakan?

PBB bersama anggota Negara yang merayakan kampanye ini menerapkan rekomendasi dari PBB untuk mempromosikan konservasi air secara global melalui kegiatan yang nyata.  Kampanye ini secara khusus dipromosikan oleh salah satu badan PBB setiap tahun dengan melibatkan masyarakat untuk mendengarkan dan memahami tentang masalah air serta koordinasi dengan kegiatan internasional untuk Hari Air Dunia. Sejak awal perayaan acara ini, UN-Water telah bertanggung jawab untuk memilih tema dari World Water Day, serta menyampaikan pesan global dan memimpin Badan PBB untuk merayakan World Water Day.

Negara-negara anggota PBB dan berbagai LSM dan organisasi non pemerintah juga terlibat dalam gerakkan promosi konservasi air bersih yang memfokuskan pada perhatian publik terhadap isu-isu kritis air. Selama peringatannya, seluruh masalah-masalah air memiliki garis besar dalam bagaimana masyarakat yang tidak dapat mengakses air bersih dan lainnya.

“Better water, Better Jobs”

hari air dunia 2016Pada tahun 2016, tema Hari Air Sedunia ialah “Water and Jobs” atau “Air dan Pekerjaan”. Hari ini, hampir setengah dari jumlah pekerja di dunia sebesar 1,5 miliyar orang bekerja di dalam pekerjaan yang memiliki hubungannya dengan air dan hampir seluruh pekerjaan bergantung pada air. Namun, dari jutaan orang yang bekerja di dalam bidang yang memiliki kaitannya dengan air sering kali tidak mendapatkan pengakuan atau perlindungan dari hak dasar sebagi buruh.

Tema pada tahun 2016, memperlihatkan bagaimana kuantitas dan kualitas air yang cukup dapat mengubah kehidupan dan mata pencaharian, bahkan mengubah keadaan masyarakat serta ekonomi.

Air sangat unik bagi kebutuhan hidup semua makhluk. Air sedikit menjadi masalah, air melimpah menjadi masalah ! Contohnya dampak fenomena El Nino di akhir 2015 menimbulkan dampak kekeringan yang cukup panjang, puso-nya hasil pertanian, kebakaran hutan hingga bencana asap di berbagai wilayah di Indonesia. Dan seperti diduga sebelumnya setelah fenomena El Nino di penghujung tahun 2015, maka pada awal tahun 2016 ini dimulai fenomena La Nina, yaitu berlimpahnya air di musim hujan cenderung menyebabkan banjir, tanah longsor, ataupun bencana alam lainnya akibat air berlebih.

Oleh karena itu sudah tepat pemrintah telah mencanangkan program 100-0-100 pada tahun 2019, yaitu pada tahun itu akses air minum mencapai 100%, 0 % wilayah kumuh dan 100% sanitasi layak. Tekad ini sekaligus menunjukkan betapa pentingnya akses air minum bagi hidup dan kehidupan ummat manusia dan kelestarian lingkungan hidupnya. Lebih dari itu hak asasi air telah dipikirkan oleh para pendiri Republik ini melalui pasal-pasal di dalam Undang-Undang Dasar 1945. Pasal 33 ayat (3) berbunyi “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”. Kepedulian pemerintah baik pusat, provinsi hingga ke kota/kabupaten wajib memenuhi akses air bersih atau air minum bagi kebutuhan masyarakat.

Sumber [http://goo.gl/N3aI5p]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment