You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Bersih,Air Minum»Fontus Penghasil Air Minum Dari Udara

Fontus Penghasil Air Minum Dari Udara

Fontus adalah botol air minum sepeda yang dapat mengisi ulang secara otomatis. Fontus mengumpulkan kelembaban yang terkandung di udara, mengembun dan menyimpannya sehingga dapat menjadi air minum yang aman. Didukung oleh sel surya, Fontus dapat menghasilkan hingga 0,5 l air dalam waktu 1 jam jika dalam kondisi iklim yang tepat.

Fontus ditemukan oleh Kristof Retezar, ia merupakan seorang mahasiswa yang berasal dari Austria. Ia kuliah pada jurusan Industrial Design di University of Applied Arts. Kristof Retezar merupakan salah satu kandidat dalam perlombaan inovasi yang diadakan oleh perusahaan elektronik rumah tangga James Dyson.

Menurut statistik PBB, lebih dari 2 miliar orang di lebih dari 40 negara hidup di daerah dengan kelangkaan air. Pada 2030, 47% dari populasi dunia akan tinggal di daerah krisis air yang tinggi. Kelangkaan air mungkin yang paling diremehkan dihadapi dunia saat ini. Oleh karena itu kita wajib memulai penghematan air untuk mengurangi krisis yang akan datang.

Menghasilkan air dari udara adalah metode yang telah dipraktekkan selama lebih dari 2000 tahun dalam budaya tertentu, terutama di Asia dan Amerika Tengah. Atmosfer bumi mengandung sekitar 13.000 km kubik dari air tawar dan sebagian besar masih alami. Proyek ini merupakan upaya untuk menemukan sumber daya tersebut.

Tujuan pembuatan botol pengasil air minum dari udara adalah untuk menciptakan sebuah perangkat kecil, simple dan praktis yang mampu menyerap udara lembab. Alat ini mampu memisahkan molekul air dari molekul udara dan menyimpan air dalam bentuk cair dalam botol.

fontus membuat air minum dari udara

Pada tahap pembuatannya Kristof Retezar melakukan serangkaian eksperimen untuk menentukan kondisi ideal, bahan-bahan dan sistem pendinginan yang akan digunakan dalam pembuatan fontus. Kristof mensimulasikan kondisi iklim yang berbeda pada kamar mandi miliknya, memodifikasi suhu udara dan kelembaban. Setelah lebih dari 30 percobaan, akhirnya ia mencapai aliran konstan satu tetes air terkondensasi per menit. Setelah mengembangkan sistem inti dari alat ini dan  berfungsi, Selanjutnya kristof merancang design dari bentuk alat tersebut agar praktis dan dapat dengan mudah melekat pada sepeda. Sehingga menghasilkan botol air yang nyaman saat digenggam.

Berikut ini beberapa fungsi yang didapatkan jika  menggunakan Fontus:
Fontus dapat diaplikasikan dalam dua kondisi yang berbeda. Pertama, mungkin diinterpretasikan sebagai aksesori sepeda sporty. Bermanfaat saat anda melakukan perjalanan jauh, dengan menggunakan fontus anda tidak perlu mencari sumber air tawar seperti sungai dan berhenti pada pom bensin. Karena botol otomatis mengisi sendiri.

Kedua, dapat menjadi cara cerdas untuk memperoleh air tawar di wilayah dunia di mana air tanah langka tetapi kelembaban udara tinggi. Percobaan menunjukkan bahwa botol bisa memanen sekitar air 0,5l dalam waktu satu jam di daerah dengan suhu dan kelembaban nilai tinggi.

Bagaimana cara kerja fontus?
Untuk mencapai kondensasi, seseorang harus mendinginkan panas, lembab bawah udara. Perangkat ini memiliki pendingin kecil dipasang di tengahnya disebut Peltier Element. Pendingin ini dibagi dalam dua: Ketika didukung oleh listrik, sisi atas mendingin dan sisi bawah menjadi panas. Semakin Anda mendinginkan sisi panas bawah, dingin sisi atas akan mendapatkan. Akibatnya, kedua keduanya terpisah dan terisolasi satu sama lain. Udara memasuki ruang bawah dengan kecepatan tinggi ketika bergerak maju dengan sepeda dan mendinginkan sisi panas ke bawah. Selain itu, ketika udara memasuki ruang atas itu dihentikan oleh dinding sedikit berlubang non-linear, mengurangi kecepatan untuk memberikan udara yang dibutuhkan waktu untuk kehilangan molekul air.

Sususnan kondensasi mewakili permukaan terbesar dalam ruang sekecil mungkin. Hal ini memberikan permukaan yang besar untuk kondensasi terjadi. Tetesan kemudian mengalir melalui pipa ke dalam botol. Botol kemudian dapat beralih ke posisi vertikal . Setiap jenis PET botol 0,5 l cocok.

Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan fontus kita dapat menghasilkan air minum dengan praktis dan tentu saja kita dapat menghemat air yang ada di bumi ini.

Sumber [http://goo.gl/EDCm3s]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment