Filter Untuk Mengatasi Air Bau

Air bau merupakan permasalahan yang sering terjadi pada air sumur. Masalah air memiliki bau yang menyengat bisa terjadi pada semua jenis sumur, timbulnya bau pada air lebih sering terjadi pada sumur konvensional. Sebelum membahas cara mengatasi masalah air yang bau dengan filter air, Sebaiknya kita mengetahui apa saja hal yang menyebabkan air sumur  menjadi bau  busuk, bau amis atau bau besi. 

Ada dua jenis sumur air yang umumnya digunakan oleh masyarakat, yaitu:

  1. Sumur konvensional atau biasa disebut dengan sumur “srumbung” yang terbuat dari batu bata atau sumur dengan beton.
  2. Sumur bor dan atau sumur air dalam.

 Air sumur yang berbau dapat disebabkan oleh :

Sumber air tercemari oleh bahan pencemar di sekitarnya
Ini sering terjadi pada sumur-sumur / sumber air yang lokasinya berdekatan dengan sungai yang digunakan sebagai pembuangan limbah industri. Biasanya bersifat sementara, namun akan terulang dan dapat terjadi dalam waktu yang lama.

Sumber air mengandung unsur yang menyebabkan air berbau
Sebagai contoh yang paling sering terjadi misalnya : kandungan logam besi ( Fe ) yang tinggi pada air akan menyebabkan air berbau amis. Dan sebagainya. Air sumur yang berbau karena sebab ini bersifat “fisikal / fisis” sehingga biasanya akan bersifat permanen. Kecuali jika kandungan unsur yang menyebabkan telah habis.

Adanya bakteri dan atau benda asing yang masuk ke dalam sumur
Bau air sumur terjadi karena aktivitas biologis dari bakteri pembusuk. Dan karena disebabkan oleh aktivitas biologis biasanya bau yang terjadi akan bersifat tidak permanen.

filter air bauAir bau pada sumur disebabkan oleh proses biologis atau fisikal, keduanya dapat diatasi dan dihilangkan. Namun kali ini kita akan membahas cara mengatasi masalah bau pada air sumur yang dikarenakan oleh proses biologis. Pada kondisi tertentu aktivitas beberapa bakteri yang terdapat dalam sumber air dan atau air sumur dapat meningkat. Peningkatan jumlah bakteri ini pada akhirnya akan berimbas terjadinya air sumur yang berbau.

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab air menjadi bau dan jenis pencemaran yang terjadi. Berikut ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan bau pada air sumur:

Buatlah sumur pada tempat yang tepat
Membuat sumur air merupakan cara umum untuk mendapatkan air tanah. Kedalaman sumur masing-masing pada tiap daerah berbeda. Berikut ini beberapa tips untuk membuat sumur air:

  1. Tentukan kedalaman sumur air
  2. Pilih tanah yang bagian bawah nya mengandung pasir
  3. Membuat sumur jauh dari pembuangan MCK, minimal jaraknya 8-10 meter
  4. Mebuat dinding tembok bagian atas jarak 3 meter dari permukaan tanah agar tidak terjadi perembesan air dari permukaan tanah yang akan merusak dan mengkontaminasi kualitas air bersih.
  5. Jangan membuat sumur pada lahan bekas rawa atau lahan bekas pembuangan sampah.

Menggunakan Filter air atau Penyaring air
Menggunakan filter/penyaring air untuk mengatasi air bau merupakan cara yang paling tepat dan aman bagi kesehatan anda. Menggunakan filter air juga memiliki banyak keuntungan. Karena dengan menggunakan filter penyaring air disamping bisa menghilangkan bau, Filter air juga bisa membunuh bakteri dalam air. Sehingga anda akan mendapatkan air bersih dan sehat dengan mudah. Produk filter air / penyaring air  terbaik yang terbukti ampuh mengatasi air bau adalah Nano Smart Filter. Penyaring air Nano Smart Filter menggunakan media filter berkualitas seperti PureTAG Super dan Karbon Aktif sehingga bau dapat terserap dengan sempurna dan mejernihkan air. Alat penjernih air Nano Smart Filter tidak menggunakan listrik atau gas. Keunggulan lainnya  Nano Smart Filter memiliki desain modern dengan warna orange segar.

Demikian artikel yang membahas cara terbaik mengatasi air bau, Semoga artikel ini menjadi solusi bagi anda yang mengalami air sumur yang bau besi atau bau busuk. Sehingga air sumur anda aman untuk digunakan untuk kebutuhan sehari – hari seperti mencuci baju, memasak, mandi dan mencuci kendaraan.

Sumber: [Aneka Sumber]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment