You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Bersih,Air Minum,pemurnian air»Filter Air Modern Tenaga Surya

Filter Air Modern Tenaga Surya

Filter air modern tenaga surya merupakan salah satu solusi untuk mengatasi krisis air. Diprediksikan pada masa mendatang pasokan air bersih tidak lagi sebanding dengan populasi makhluk hidup, sehingga cadangan air bersih akan semakin menipis. Untuk itu, banyak pengembang yang memulai produk inovatif untuk mendaur-ulang air dengan cara destilasi. Destilasi air adalah proses penyulingan atau penguapan air dengan tujuan untuk memisahkan air dari zat pencemarnya sehingga dihasilkan air yang murni . Proses destilasi ini biasanya membutuhkan banyak biaya dan boros energi.  Namun banyak upaya yang dapat dilakukan untuk menuju kemajuan teknologi destilasi dan membuatnya lebih murah dan lebih mudah digunakan. Proses destilasi mungkin suatu hari menjadi penyelamat untuk wilayah di dunia di mana air minum bersih langka.

Karena itu sebuah pihak pengembang menciptakan produk baru yang dinamakan Desolenator. Alat pendaur ulang air ini dapat digunakan dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan sistem lainnya. Desolenator yang dapat menyediakan sekitar 15 L air per hari ini berukuran seperti televisi dengan sebuah panel surya di bagian atasnya.

filter air desolenatorAlat penyaring air ini hanya menggunakan tenaga surya / sinar matahari untuk memurnikan air dari sumber air apapun, termasuk air laut dapat menjadi air minum. Selain itu alat ini dapat menghilangkan zat pencemar air terutama di daerah di mana sumber air tanah alami telah tercemar atau diracuni atau di mana air laut adalah satu-satunya sumber air yang tersedia. Desolenator memiliki  keunggulan mudah digunakan dan dibawa ke tempat lain, berbiaya rendah dan tanpa memerlukan listrik di rumah anda, selain itu alat ini juga tidak menggunakan media filter, tidak ada membran, dan tidak ada bahan kimia.

Perangkat ini diklaim lebih baik daripada sistem desalinasi yang mengandalkan reverse osmosis. Reverse osmosis adalah teknik penyaringan air dengan menggunakan lapisan membrane khusus yang dapat menyaring partikel-partikel yang tidak diinginkan.

Cara kerja perangkat filter air modern tenaga surya desolenator ini menggunakan panel fotovoltaik (PV) untuk mengubah sinar matahari menjadi listrik. Dengan adanya energi listrik, air akan dipanaskan. Kemudian, uap dikumpulkan dan disuling menjadi air bersih. Lalu air bersih ini akan dialirkan ke wadah khusus.

Rata-rata 1 meter persegi  solar panel PV memiliki daya output kurang dari 200Watt per meter persegi. Sisa energi matahari yang diterima (1000W) dipantulkan atau dikonversi menjadi panas. Ini adalah tujuan dasar dari desolenator dengan menggunakan kedua energi panas dan energi listrik yang dihasilkan.

Untuk membiayai proyek senilai 150.00 USD ini, pihak pengembang telah memulai kampanye IndieGoGo untuk mengajak orang lain berinvestasi untuk memproduksi Desolenator. Desolenator berhasil dengan menyelesaikan kampanye crowdfunding pada bulan Januari 2015. bisnis tersebut meningkat $ 155K (dari 800 kontributor global) melalui pra penjualan lebih dari 100 unit untuk pelanggan di negara-negara maju (California, Australia, Cyprus dan banyak lagi), sebagai dana amal untuk distribusi lebih dari 40 unit alat penyaring air tenaga surya untuk keluarga miskin di India dan untuk pengungsi Suriah di Lebanon dan Turki.

Demikain artikel yang membahas filter air modern tenaga surya. Krisis air memang sangat mengerikan, karena air bersih adalah kebutuhan utama bagi makhluk hidup. Untuk itu kita harus mencegah terjadinya krisis air dengan cara menghemat penggunaan air dan tidak mencemari sumber air seperti sungai, laut dan sumber air lainnya.

Sumber: [Aneka Sumber]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment