You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Filter Air,reverse osmosis»Filter Air Minum Reverse Osmosis

Filter Air Minum Reverse Osmosis

Reverse Osmosis (RO) adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan air minum, karena dapat menghapus zat kontaminan yang tidak diinginkan dari air. Pengolahan air menggunakan reverse osmosis pada air dirumah anda dapat mengurangi risiko bahaya kesehatan dari kontaminan seperti timah atau nitrat. Karena zat terlarut tersebut dapat merubah rasa dan kualitas air.

Komponen utama dari unit RO adalah membran semi permeabel, Umumnya membrane tersebut terbuat dari selulosa asetat atau bahan film komposit tipis. Membran ditempatkan diantara dua lapisan dan melilit pada tabung sehingga bentuknya seperti tisu gulung (tisu toilet).

filter air minum reverse osmosisJika menggunakan filter air reverse osmosis air harus diberikan tekanan sehingga mampu melewati membrane RO. Oleh karena itu  pompa harus ditambahkan untuk meningkatkan tekanan air dan meningkatkan efisiensi membran. Membran dapat menyaring sebagian besar zat terlarut dalam air dan sehingga akan menghasilkan air murni.  Air yang telah dimurnikan kemudian ditampung ke tempat penyimpanan dan air yang mengandung kotoran akan dialirkan ke saluran pembuangan. Jika masalah kualitas air di rumah anda adalah kontaminan anorganik, maka reverse osmosis adalah metode pengobatan yang sangat baik.

Banyak unit RO dapat menghapus 90% atau lebih bahan kimia anorganik tertentu. Bahan kimia anorganik meliputi: fluoride, sulfat, nitrat, terlarut total padatan, besi, tembaga, timbal, merkuri, arsenik, kadmium, perak dan seng. Reverse Osmosis bahkan bisa menghapus beberapa kontaminan mikrobiologi, termasuk Giardia kista. Sayangnya, RO tidak dapat menghapus bahan kimia organik seperti, pestisida dan pelarut. RO tidak dapat menghapus gas-gas terlarut, seperti radon dan trihalomethanes dengan baik.

Proses pengolahan air menggunakan unit RO terdiri dari beberapa tahapan yang berbeda untuk menghapus zat organik dan zat anorganik. Bagian-bagian dari sistem RO ini dapat mencakup proses prefilter, membran reverse osmosis, wadah penyimpanan untuk air yang diolah, dan  postfilter karbon.

– Prefilter  berfungsi untuk  menghilangkan lumpur dan partikel pada air sebelum masuk ke membrane RO. Hal ini juga dapat menghilangkan klorin untuk melindungi membran.

– Berikutnya bagian yang penting dalam  sistem reverse osmosis adalah membrane RO, Membre RO berfungsi untuk menghilangkan banyak zat anorganik yang telah dijelaskan di atas.

– Tangki penyimpanan untuk menampung air yang akan diproses dengan RO. Tahap ini biasanya terlalu lambat untuk menyediakan air murni karena menyesuaikan dengan kebutuhan air setiap harinya. Unit reverse osmosis tipe undersink umumnya menghasilkan hanya 3-5 galon air setiap hari.

– Tahapan terakhir, postfilter karbon aktif berfungsi untuk penyaring air yang masih mengandung gas dan zat organik maupun bahan kimia yang belum tersaring sempurna oleh membrane RO.

Keunggulan filter air reverse osmosis adalah Kemampuan untuk menyaring aneka zat terlarut pada air, dan menghasilkan air dengan rasa segar. Keuntungan lain adalah bahwa filter air minum reverse osmosis  tidak memerlukan zat kimia pada saat proses penyaringan. Karena proses penyairngan mengunakan reverse osmosis hanya memisahkan zat terlarut dari air yang masuk.

Selain memiliki keunggulan tentu saja reverse osmosis juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan pada proses penyaringan menggunakan ro adalah jumlah air yang ikut terbuang pada proses penyaringan cukup banyak. Untuk setiap galon air yang dihasilkan, sepertiga dari air tersebut mengalir ke saluran pembuangan. Membran RO yang telah kotor wajib diganti secara berkala. Karena saat membrane RO kotor, kualitas hasil air yang diolah menjadi menurun.  

Sebuah sistem reverse osmosis yang terawat dapat memberikan kualitas air yang baik untuk keluarga anda dirumah. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan air sehari hari, Seperti untuk keperluan minum dan memasak.

Sumber [http://goo.gl/10WPNm]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment