Filter air kuning rumah tangga

Air kuning tanda zat besi tinggi, Air kuning atau menguning bahkan coklat keruh dapat diatasi menggunakan filter air dan teknik lainnya yuk kita baca sama-sama 🙂 ,Air adalah sumber kehidupan. Kita tak bisa membayangkan jika sehari saja kita hidup tanpa air! Tentu saja tubuh kita akan kekurangan cairan (dehidrasi), tanaman akan mati, hewan-hewan juga kehausan, baju-baju kotor juga tidak bisa kita cuci, dan masih banyak lagi kerugian-kerugian lain bagi manusia jika tidak ada air. Cara mengatasi air kuning keruh dan bau sangatlah mudah, ada beberapa cara dan mari kita simak untuk memilih cara terbaik yang efektif. Masalah air kuning keruh bau karat maupun berminyak umum disebabkan karena zat besi(Fe) dan Kadar mangan (Mg) yang berlebih pada air sehingga menyebabkan endapan pada bak/penampungan,penyumbatan di pipa instalasi sehingga debit air mengecil, perabot rumah tangga pun menjadi rusak karena flak kuning/ hitam,digunakan mencuci pakaian berubah warna kusam dll. Masalah air seperti ini membuat kita jadi pusing kurang kenyamanan tinggal,pengeluaran pun jadi bertambah.

air kuning filterKondisi air yang berbau besi dan berwarna kuning sering dikeluhkan oleh sebagain besar pengguna air , khususnya penggunan air tanah atau air sumur dengan kandungan besinya banyak. Selain mengganggu kenyamanan juga dapat berdampak negatif yang serius untuk kesehatan Anda.  Air sumur yang berwarna kekuningan biasanya disebabkan oleh adanya kandungan zat besi yang tinggi di dalam air. Untuk mengatasi hal tersebut selain anda dapat menambah kedalaman sumur di rumah anda kurang lebih 3 – 4 meter. Namun ada salah satu  Cara Mudah Mengatasi Air Kuning Bau Besi untuk meningkatkan kualitas air tanah yakni dengan menggunakan filter air dengan media filter PureTAG Super. Baik besi maupun mangan, dalam air biasanya terlarut dalam bentuk senyawa atau garam bikarbonat, garam sulfat, hidroksida dan juga dalam bentuk kolloid atau dalam keadaan bergabung dengan senyawa organik.

Oleh karena itu cara pengolahannya pun harus disesuaikan dengan bentuk senyawa besi dan mangan dalam air yang akan diolah. Ada beberapa cara untuk menghilangkan zat besi dan mangan dalam air salah satu diantarannya yakni dengan cara oksidasi, dengan cara koagulasi, cara elektrolitik, cara pertukaran ion, cara filtrasi kontak, proses soda lime, pengolahan dengan bakteri besi dan cara lainnya.Proses penghilangan besi dan mangan dengan cara oksidasi dapat dilakukan dengan tiga macam cara yakni oksidasi dengan udara atau aerasi, oksidasi dengan khlorine (khlorinasi) dan oksidasi dengan kalium permanganat.

Selain dengan cara oksidasi, penghilangan senyawa besi dan mangan dalam air yang umum digunakan khususnya untuk skala rumah tangga yakni dengan mengalirkan ke suatu filter air dengan media filter PureTAG Super.

Proses penghilangan besi dan mangan dengan cara oksidasi dapat dilakukan dengan tiga macam cara yaitu :
1. Oksidasi dengan Udara (Aerasi)
Zat besi (Fe) dapat dihilangkan dari dalam air dengan melakukan oksidasi menjadi Fe (OH)3 yang tidak larut dalam air, kemudian di ikuti dengan pengendapan dan penyaringan. Proses oksidasi dilakukan dengan menggunakan udara biasa di sebut aerasi yaitu dengan cara memasukkan udara dalam air efeknya kadar besi mengendap ke bawah sehingga kotoran2nya menempel di bak penampungan/toren air. Kelemahanya mungkin kita akan sering menguras toren tersebut agar kotoran endapan tidak ikut ke pipa instalasi.

2. Oksidasi dengan Sedimentasi (Pengendapan)
Sedimentasi adalah proses pengendapan partikel-partikel padat yang tersuspensi dalam cairan/zat cair karena pengaruh gravitasi (gaya berat secara alami). Sedimentasi dapat berlangsung sempurna pada danau yang airnya diam atau suatu wadah air yang dibuat sedemikian rupa sehingga air di dalamya keadaan diam. Pada dasarnya proses tersebut tergantung pada pengaruh gaya gravitasi dari partikel tersuspensi dalam air. Sedimentasi dapat berlangsung pada setiap badan air. Biaya pengolahan air dengan proses sedimentasi relatif murah karena tidak membutuhkan peralatan mekanik maupun penambahan bahan kimia. Kegunaan sedimentasi untuk mereduksi bahan-bahan tersuspensi (kekeruhan) dari dalam air dan dapat juga berfungsi untuk mereduksi kandungan organisme (patogen) tertentu dalam air.

3. Oksidasi dengan kalium permanganat
Kalium Permanganat termasuk golongan peroksidan yang dapat melepaskan oksigen (prosesoksidasi) sehingga dapat membunuh kuman (bakteri sid). Kalium permanganat berupa Kristal ungu, mudah larut dalam air. Dalam larutan encer merupakan peroksidan. Penglepasan oksigen terjadi bila zat ini bersentuhan dengan zat organik. In aktivasi menyebabkan perubahan warna larutan dari ungu menjadi biru. Zat ini bekerja sebagai iritan, deodoran danastringen.

Memang  cara mudah mengatasi air kuning bau besi dengan cara – cara tersebut tidak terlalu sulit kalau dilakukan oleh ahlinya , namun kebanyakan pengguna air seperti sebagian dari Anda adalah orang awam atau mempunyai kesibukan lainnya sehingga tidak effisien kalau harus dikerjakan sendiri. Namun Cara Mudah Mengatasi Air Kuning Bau Besi dengan teknologi penyaringan air yang telah dikembangkan oleh Nano Smart Filter dapat mempermudah pekerjaan untuk mendapatkan air bersih dan sehat serta ekonomis. Dengan menggunakan filter air NANO Smart Filter anda tidak perlu repot lagi memikirkan masalah air , karena kami akan menyelesaikannya hingga tuntas 🙂

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment