You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Bersih»Desinfeksi Air Limbah Dengan AOP

Desinfeksi Air Limbah Dengan AOP

Desinfeksi air limbah wajib dilakukan sehingga air limbah yang dibuang aman dan tidak mencemari lingkungan. Umumnya pada proses pengolahan limbah cair ada tahapan desinfeksi air limbah. Kali ini akan dibahas pengolahan limbah cair dengan metode advanced oxidation processes (AOP) yang dikolaborasikan dengan desinfeksi air limbah menggunakan ozon dan ultraviolet.

Pada umumnya polutan utama yang terkandung dalam limbah cair bahan resin yaitu senyawa-senyawa organik  yang merupakan racun yang dapat mencemari lingkungan air dan udara apabila dibuang langsung ke lingkungan dalam jumlah yang banyak. Untuk mengatasi polutan yang terkandung dalam limbah cair bahan resin, penelitian merekomendasikan instalasi air limbah (IPAL) dengan menggunakan instrumentasi Advanced Oxidation Processes (AOP). Untuk dapat meningkatkan efektifitas dan standar baku mutu buang limbah cair dari bahan resin, maka diusulkan adanya perubahan cara pengolahan air limbah dengan metode AOP yaitu mengkombinasikan desinfeksi air menggunakan ozon dan ultraviolet.

desinfeksi air ultravioletTeknologi pengolahan air limbah saat ini begitu beragam jenisnya. Yang perlu diketahui pengolahan air limbah dapat dilakukan dengan cara biologi, dengan cara fisika atau kimia. Namun dengan adanya perkembangan dan perubahan pada teknologi manufaktur, mengakibatkan terjadinya perubahan komponen kimia organik yang dibuang. Dan hal inilah yang menjadi permasalahan dalam pengolahan air limbah, dimana bahan kimia yang dihasilkan dari proses manufaktur begitu banyak, hingga bila menggunakan metode-metode diatas akan membutuhkan biaya lebih. Diiringi dengan peraturan dan standar baku pembuangan air limbah industri semakin ketat, sehingga pengolahan air limbah wajib diperhatikan.

Cara kerja teknologi AOP adalah menciptakan oksidasi yang kuat dengan bantuan tenaga listrik dengan tegangan dan frekuensi tertentu. Teknologi AOP adalah satu atau kombinasi dari beberapa proses seperti ozon, hidrogen peroksida, sinar ultraviolet, titanium oksida, fotokatalis, sonolis, plasma serta beberapa proses lain yang menghasilkan radikal hidroksil. Radikal hidroksil (OH°) adalah radikal bebas (oksidan) yang sangat reaktif yang menghancurkan polutan di dalam air.

Pengembangan instalasi pengolahan limbah cair bahan peroxide menggunakan metode AOP dengan kombinasi ozon dan ultraviolet sebagai desinfeksi air dimaksudkan agar limbah cair yang diolah dapat dibuang dengan aman dan memenuhi baku mutu lingkungan sesuai dengan Keputusan Mentri Negara Lingkungan Hidup. Salah satu contoh adalah dari proses produksi perusahaan berbahan peroxide setiap harinya menghasilkan kurang lebih 10 m3/day limbah cair dengan kadar kandungan COD 116208 ppm yang diambil dari sampel dan dinilai sangat tinggi, sehingga limbah cair ini tidak dapat langsung dibuang ke lingkungan air. Konsep dasar sistem yang akan dibangun adalah sistem AOP dengan menggunakan desinfeksi air ozon dan ultraviolet. sebagai komponen utama sistem yang dikombinasikan dengan karbon aktif sebagai filtrasi pada tahapan terakhir.

Fungsi dari kombinasi ozon dan ultraviolet adalah untuk menghasilkan hydroxyl radikal (⋅OH), dimana sebuah radikal bebas yang memiliki potential oksidasi yang sangat tinggi (2.8 V), jauh melebihi ozon (1.7 V) dan chlorine (1.36 V). Sedangkan lampu ultraviolet pada panjang gelombang tertentu (λ = 254 m) akan efektif dalam proses membunuh bakteri.

Teknologi pengolahan air limbah metode AOP dengan kombinasi ozon dan sinar ultraviolet sebagai desinfeksi air menghasilkan radikal hidroksil yang sangat efektif dalam menghilangkan warna dan bau yang terkandung dalam limbah cair. Hal ini menjadikan kombinasi ozon dan ultraviolet sangat potensial untuk desinfeksi air limbah yang mengandung berbagai senyawa organik, minyak, dan bakteri yang terkandung didalam air. Sehingga air limbah dapat aman untuk dibuang dan tidak mencemari lingkungan sekitar.

Sumber [http://goo.gl/c6nIFV]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment