You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Minum»Definisi Air Minum Oxygen

Definisi Air Minum Oxygen

Air minum oxygen atau air minum hexagonal adalah air minum yang dibuat secara khusus,dengan tekanan dan suhu tertentu sehingga memungkinkan air tersebut mampu menangkap oksigen lebih banyak. Air minum oksigen dan air minum hexagonal sering kita lihat di supermarket selain air minum biasa pada umumnya. Seiring perkembangan teknologi, kini dengan mudah kita dapat menemukan air minum yang memiliki fungsi dan manfaat beraneka ragam bagi tubuh salah satunya adalah air oxygen.

air minum oxygen

Oksigen dapat larut dalam air. Molekul-molekul oksigen menempati ruang di antara molekul air. Kandungan oksigen di dalam air dipengaruhi berbagai faktor seperti suhu, tekanan dan jumlah zat yang terlarut di dalam air.

  • Semakin rendah suhu air kandungan oksigen yang terkandung semakin besar. Itulah sebabnya kita merasa lebih segar jika minum air dingin.
  • Tekanan yang besar dapat memaksa lebih banyak molekul oksigen masuk ke dalam ruang di antara molekul air.
  • Kemurnian air juga mempengaruhi kelarutan oksigen. Air yang murni memungkinkan oksigen terlarut lebih banyak.

Oksigen dalam air minum biasa mengandung 4-6 ppm sedangkan air pegunungan dapat mengandung oksigen sampai 8 ppm. Bila diletakkan di lemari es maka kadar oksigen dalam air dapat mencapai 13 ppm. Oksigen dalam air minum biasa mudah terlepas, karena pada dasarnya ikatan antara air & oksigen tersebut bersifat labil, khususnya pada kondisi temperatur tinggi.

Air hexagonal adalah air yang mengalami perubahan struktur menjadi cluster yang  juga formasi struktur molekulnya segi enam atau biasa disebut pola hexagonal (air biasa berstruktur pentagonal). Walaupun mampu mengikat oksigen lebih banyak dibandingkan air biasa, tetapi kadar oksigen yang terlarut tetap sama dengan air biasa. Selain itu struktur hexagonal sangat tidak stabil sehingga akan kembali menjadi struktur air biasa setelah terkena panas, guncangan & penyimpanan lama. Sedangkan air minum beroksigen adalah air minum dengan tingkat kejernihan yang sangat tinggi dan menggunakan terknologi canggih sehingga dapat melarutkan oksigen dengan kadar mencapai 100 ppm.

Air memiliki fungsi fisiologis yang sangat penting dalam menentukan tingkat kesehatan. Sekitar 70 persen bobot orang dewasa berupa air. Implikasinya terhadap kesehatan cukup signifikan. Apabila air yang kita konsumsi berkualitas buruk, maka kesehatan kita menurun. Sebaliknya, jika air yang kita konsumsi berkualitas baik, maka kesehatan kita meningkat.

Keberadaan oksigen terlarut dalam air minum memberikan dampak positif bagi kesehatan. Air ini mampu meningkatkan suplai oksigen ke setiap sel tubuh, melarutkan zat gizi, dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh, merangsang kelangsungan hidup sel, mengatur suhu tubuh, serta melarutkan bahan-bahan berbahaya dan zat buangan ke luar tubuh. Efektivitas berbagai fungsi tersebut dipengaruhi oleh kualitas air itu sendiri, kondisi kesehatan tubuh, interaksi dengan zat gizi lain serta antibiotik dan obat-obatan.

Meskipun air beroksigen dan air heksagonal memiliki kelebihan dibandingkan dengan air biasa, meminum air tersebut dapat membuat tubuh lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Air oxygen hanya sebagai media pendukung kesehatan yang lebih optimal sehingga tubuh mampu melindungi diri dari penyakit.

Perlu kehati-hatian juga memilih air oxygen, jangan asal memilih air oxygen walaupun berlabel oxygen water asli. Tekanan parsial oksigen di dalam darah (pO2) merupakan parameter penting yang menentukan kandungan oksigen di dalam darah. Salah satu penelitian menunjukkan adanya peningkatan tekanan parsial oksigen di dalam darah setelah minum air minum ber oxygen tinggi.

Kelarutan oksigen dalam air sangat rendah. Pada suhu 20° kelarutan oksigen dalam air (tekanan 1 atm) sekitar 0.0045 mg O2/100 mg air. Apabila ditambahkan oksigen ke dalamnya, air secara perlahan akan melepaskan oksigen kembali ke alam. Oleh karenanya jangan terlalu lama menyimpan air beroksigen, ia akan berubah kembali menjadi air biasa. Walaupun disimpan dalam botol tertutup, oksigen dapat menembus botol kemasan plastik (polimer) yang berpori halus.

Sumber [Aneka Sumber]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment