Cara pengolahan air limbah industri

Pengolahan air limbah industri semakin penting. Pengolahan air limbah industri bertujuan untuk menetralkan air limbah dari bahan-bahan tersuspensi dan terapung, menguraikan bahan organic biodegradable, meminimalkan bakteri patogen, serta memerhatikan estetika dan lingkungan. Pengolahan air limbah insdustri dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara alami dan secara buatan.

Air limbah merupakan campuran dari sampah cair yang berasal dari daerah perdagangan, perkantoran, pemukiman, industri, perumahan yang bercampur dengan air permukaan, air hujan, dan atau air tanah. Hampir seluruh kegiatan manusia menghasilkan limbah air.

Pengolahan air  limbah industri adalah kegiatan terpadu yang meliputi kegiatan pengurangan (minimization), segregasi (segregation), penanganan (handling), pemanfaatan dan pengolahan air limbah. Dengan demikian untuk mencapai hasil yang optimal, kegiatan-kegiatan yang melingkupi pengelolaan air limbah perlu dilakukan dan bukan hanya mengandalkan kegiatan penyaringan air limbah industri saja. Bila pengelolaan limbah hanya diarahkan pada kegiatan penyaringan air limbah industri maka beban kegiatan di Instalasi Pengolahan Air Limbah akan sangat berat, membutuhkan lahan yang lebih luas, peralatan lebih banyak, teknologi dan biaya yang tinggi. Kegiatan pendahuluan pada pengelolaan limbah (pengurangan, segregasi dan penanganan limbah) akan sangat membantu mengurangi beban pengolahan limbah di IPAL.

Tren pengolahan air  limbah di industri adalah menjalankan secara terintergrasi kegiatan pengurangan, segregasi dan handling air limbah sehingga menekan biaya dan menghasilkan output air limbah yang lebih sedikit serta minim tingkat pencemarnya. Integrasi dalam pengelolaan air limbah tersebut kemudian dibuat menjadi berbagai konsep seperti: produksi bersih (cleaner production), atau minimasi limbah (waste minimization).

pengolahan air limbah industri

Pengolahan / penyaringan air limbah biasanya menerapkan 3 tahapan proses yaitu pengolahan pendahuluan (pre-treatment), pengolahan utama (primary treatment), dan pengolahan akhir (post treatment). Pengolahan pendahuluan ditujukan untuk mengkondisikan alitan/polutan, beban limbah dan karakter lainnya agar sesuai untuk masuk ke pengolahan utama. Pengolahan limbah utama adalah proses yang dipilih untuk menurunkan pencemar utama dalam air limbah industri. Selanjutnya pada penyaringan air limbah akhir dilakukan proses lanjutan untuk mengolah air limbah agar sesuai dengan baku mutu yang ditetapkan.

Air limbah industri adalah hasil dari perkembangan industri yang pesat dan penerapan kemajuan teknologi yang menimbulkan dampak limbah cair industri pada lingkungan bila tidak melalui proses pengolahan air limbah. Pengertian limbah cair industri adalah air yang tidak bersih/ air kotor dan mengandung berbagai zat berbahaya yang membahayakan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya yang dihasilkan dari kegiatan industri.

Sumber limbah cair / air limbah industri dan jenis limbah cair dari industri diantaranya:

1) Limbah cair / air limbah pada industri tekstil berupa zat organik beracun untuk menyamak kulit dan kertas.

2) Limbah cair / air limbah pada industri elektroplating dan engineering works, limbah cair pada industri kimia (farmasi/pestisida/logam berat/pupuk). dan limbah cair pada industri pemrosesan bahan bakar (gas reforming dan oil refinery) yang bersifat toksik atau beracun.

3) Limbah cair / air limbah pada industri logam dan pertambangan dimana limbahnya mengandung banyak padatan tersuspensi dengan volume limbah yang besar.

4) Limbah cair / air limbah pada industri makanan yang limbahnya merupakan senyawa organik berbentuk larutan,koloid dan suspensi dari kegiatan pemrosesan daging, pemrosesan produk pertanian, dan pengalengan (permen/bir/susu/keju).

Tujuan penyaringan air limbah industri adalah mengurangi dampak negatif limbah cair terhadap lingkungan. Cara mengolah air limbah industri adalah dengan mengurangi jumlah dan kekuatan air limbah industri sebelum dibuang ke perairan penerima/ atau saluran pembuangan air. Pengertian baku mutu air limbah adalah ukuran batas pencemaran dalam air limbah dari usaha atau kegiatan sebelum dilepas atau dibuang ke dalam sumber air.

Teknik pengolahan air limbah industri pada salah satu industri yaitu:

1) Cara Pengolahan limbah cair Secara Biologi

cara mengolah air limbah secara biologi adalah dengan pengolahan air limbah paling murah dan efisien. Proses penyarigan air limbah dengan cara biologi dibedakan menjadi reaktor pertumbuhan tersuspensi dan reaktor pertumbuhan lekat.

2) Cara Pengolahan Limbah cair secara Kimia

Pengelolaan air limbah secara kimia dilakukan dengan membubuhkan elektrolit untuk menghilanhgkan partikel-partikel tidak mudah mengendap (koloid) seperti zat organik beracun/senyawa fosfor/logam berat agar menjadi netralisasi muatan koloid sehingga mudah diendapkan.

3) Cara Pengolahan Limbah Cair Secara Fisika

Penyaringan air limbah industri secara fisika perlu jangka waktu lama dan prosesnya sangat rumit karena menyaring zat yang berukuran besar dan memisahkan bagian suspensi yang mudah mengendap sehingga air limbah yang dibuang tidak lagi mengandung minyak/lemak.

Untuk suatu jenis air limbah tertentu, ketiga jenis proses dan alat penyaring  air limbah industri tersebut dapat diaplikasikan secara sendiri-sendiri atau dikombinasikan.

Pilihan mengenai teknologi pengolahan air limbah industri dan alat yang digunakan seharusnya dapat mempertimbangkan aspek teknis, ekonomi dan pengelolaannya.

Dengan menerapkan sistem pengolahan air limbah industri menghasilkan air bersih yang tidak lagi mengandung senyawa organik beracun dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Air tersebut dapat dipergunakan kembali sebagai sumber air untuk kegiatan industri selanjutnya. Diharapkan pemanfaatan sistem daur ulang air limbah akan dapat mengatasi permasalahan persediaan cadangan air tanah demi kelangsungan kegiatan industri dan kebutuhan masyarakat akan air.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi air limbah industri menjadi air bersih dan tidak mencemari lingkungan hidup.  Semoga bermanfaat dan dapat di terapkan di kehidupan anda semua.
Salam Sehat, salam lestari 😀

Sumber [Aneka Sumber]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment