You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Bersih,air tanah»Cara Menjernihkan Air Tanah

Cara Menjernihkan Air Tanah

Air tanah menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah.

Namun seringkali air tanah yang digunakan bermasalah atau tercemar, seperti berwarna kuning, keruh atau bau, hal tersebut karena air telah tercemar besi (Fe) dan Mangan (Mn) cukup besar. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu dan dapat menimbulkan dampak negative bila digunakan terus menerus. Namun setiap masalah tentu ada cara mengatasinya, cara menjernihkan air tanah yang keruh, kotor dan bau akan dibahas pada artikel kali ini.

Pada tahun 1970 – 1980 an kita cukup dengan mengambil air dari kedalaman 6 meter dengan menggunakan pompa air tangan (Umumnya Merk Drag*n) sudah baik kualitasnya. Tapi dengan semakin banyaknya pertumbuhan penduduk dan bahan pencemar yang semakin banyak di permukaan (khususnya pada kota besar), Air tanah dangkal ini sudah tidak layak lagi pada tahun 2012 an, akibatnya banyak penduduk yang mengambil air dengan kedalaman 12 meter. Pada kedalaman ini, masalah yang ada adalah rasa bau dan warna (kuning) pada air.

Dari hasil survey penduduk, prosentasi banyaknya rumah tangga dan sumber air bersih yang digunakan di berbagai daerah di Indonesia sangat bervariasi tergantung dari kondisi geografisnya. Secara nasional yakni sebagai berikut : Yang menggunakan air ledeng 10,77 %, air tanah dengan memakai pompa 7,85 %, air sumur (perigi) 53,78 %, mata air (air sumber) 15,70 %, air sungai 8,54 %, air hujan 1,64 % dan lainnya 1,71 %.

cara menjernihkan air sumurTanda-tanda bahwa air tanah / air sumur sudah tercemar dapat dikenali melalui pengamatan fisik, yaitu:
1. Warna kekuningan akan muncul jika air tercemar chromium dan materi organik. Jika air berwarna merah kekuningan, itu menandakan air tercemar besi. Sementara pengotor berupa lumpur akan memberi warna merah kecoklatan.

2. Kekeruhan juga merupakan tanda bahwa air telah tercemar oleh koloid (bio zat yang lekat seperti getah atau lem). Lumpur, tanah liat dan berbagai mikroorganisme seperti plankton maupun partikel lainnya bisa menyebabkan air berubah menjadi keruh.

3. Polutan berupa mineral akan membuat air tanah memiliki rasa tertentu. Jika terasa pahit, pemicunya bisa berupa besi, alumunium, mangaan, sulfat maupun kapur dalam jumlah besar.

4. Air Sumur yang rasanya seperti air sabun menunjukkan adanya cemaran alkali. Sumbernya bisa berupa natrium bikarbonat, maupun bahan pencuci yang lain misalnya detergen.

5. Sedangkan Air Sumur rasa payau menunjukkan kandungan garam yang tinggi, sering terjadi di daerah sekitar muara sungai.

6. Bau yang tercium dalam air tanah juga menunjukkan adanya pencemaran. Apapun baunya, itu sudah menunjukkan bahwa air tidak layak untuk dikonsumsi.

Berikut ini cara mudah untuk menjernihkan air tanah:
Cara paling mudah dan cara terbaik untuk menjernihkan air yang tercemar adalah menggunakan alat penyaring air. Pada zaman modern seperti saat ini sangat mudah untuk mendapatkan filter air karena banyak perusahaan yang menjual alat penjernih air. Hanya saja kita perlu pintar-pintar dalam memilih mana produk filter air yang tepat. Sehingga benar benar mampu mengatasi masalah air tanah yang ada pada rumah kita. Salah satu produk filter air yang sudah terbukti mengatasi masalah air adalah Nano Smart Filter. Karena produk penyaring air dari Nano Smart Filter menggunakan media filter pureTAG Super dan Karbon aktif yang mampu menyerap senyawa-senyawa kimia dan juga menghilangkan beberapa bakteri yang menyebabkan air tanah keruh, kotr dan bau.

Demikian artikel yang membahas cara menjernihkan air tanah. Semoga artikel ini dapat menjadi solusi dan menambah wawasan anda seputar air.

Sumber [kompas.com] 

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment