You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Bersih,Air Minum»Cara mengenalkan pentingnya minum air putih pada anak

Cara mengenalkan pentingnya minum air putih pada anak

Minum air putih merupakan kebiasaan yang berdampak positif, Namun bukan perkara mudah memang untuk mengajarkan anak minum air putih. Rasa air putih  yang hambar dan membuat anak eneg jika banyak meminumnya sering membuat anak malas. Tapi kalau tidak minum air putih , maka bibir anak bisa kering parah.

Nah maka dari itu, Anda harus pintar-pintar membujuk si buah hati untuk mau minum air putih  yang banyak dan pastinya juga mengerti manfaat air putih.

Seperti mobil tanpa gas atau balon tanpa helium, tubuh tidak bisa berfungsi tanpa air putih. Bahkan, tubuh dewasa rata-rata adalah sekitar 60 persen air, tetapi jumlah ini bervariasi sesuai dengan cara tubuh kita mengatur berat. Pada orang gemuk misalnya, air biasanya menyumbang hanya 45 persen dari berat badan.minum air putih

Lalu kenapa perlu minum air putih ? Sekitar dua pertiga air tubuh kita berada dalam sel-sel kita, yang mana itu bisa menolong mereka berfungsi dengan baik. Pertiga lainnya ada di dalam organ kita, memberikan oksigen dan nutrisi dan mengaduk serta membuang limbah dalam tubuh. Tidak peduli besar atau kecil, tua atau muda, kita semua harus memastikan bahwa kita mendapatkan jumlah air yang kita butuhkan.

Dilansir dari Health US News, Sabtu (31/8/2013), berikut adalah cara untuk membuat anak Anda mau minum air putih dan tahu pentingnya.

1. Beli botol minum yang menarik

Karena anak kecil lebih suka melakukan hal mereka sukai, tidak ada salahnya untuk membelikan mereka botol minum air putih yang menarik, ataupun air mineral dalam kemasan yang menarik dan ia suka. Pergilah ke toko bersama dan biarkan anak Anda pilih botol dengan bentuk favoritnya.

Nah dengan begitu, anak akan terhidrasi di sekolah saat jam olahraga. Anda juga bisa membeli botol minum air putih favorit Anda, atau bahkan sama dengan anak Anda, guna menginspirasinya untuk melakukan hal yang sama.

Sementara itu, ajarkan anak Anda dengan menggunakan contoh pentingnya hidrasi bagi kesehatan kita. Tambahkan juga potongan buah beri atau lemon untuk menambahkan sedikit rasa dan membuatnya lebih bersemangat untuk  minum air putih.

2. Bermain dan olahraga bersama

Di saat weekend atau libur sekolah adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu Anda dengan si buah hati. Daripada selalu pergi makan, nonton atau berjalan-jalan ke mall, kenapa tidak ajak anak Anda untuk lari pagi bersama atau bermain sepeda?

Hal tersebut pasti akan sangat menyenangkan dan seru, selain itu Anda juga bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal dengan berolahraga. Dan di sela-sela kegiatan yang sangat menyenangkan ini, Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk banyak minum air putih.

3. Makan cemilan yang kaya air bersama

Jus! Adalah salah satu minuman ringan yang sangat menyenangkan diminum bersama, sambil mengobrol dan mendengarkan anak Anda bercerita mengenai kesehariannya, pasti lebih menyenangkan. Jadi, tidak ada salahnya untuk membuatkan anak Anda jus buah segar, yang pastinya mengandung air dan banyak vitamin.

Anda pasti tahu bukan, sejumlah studi yang tidak terhitung menunjukkan bahwa makan buah dan sayuran membantu kita melawan sakit jantung dan stroke dan mencegah beberapa jenis kanker.

Melon dan belewah mengandung 90 persen air serta vitamin A, yang bisa membantu dalam menutrisi kulit kering. Sedangkan semangka mengandung lebih dari 90 persen air dan memiliki manfaat anti-inflamasi dan antioksidan.

Sedangkan stroberi bisa menjadi pilihan lain yang sangat baik, karena mengandung sekitar 92 persen air dan memberika perlindungan yang signifikan terhadap penyakit kardiovaskular. Menyegarkan dan mengisi ulang cairan dalam tubuh dengan cara yang manis dan menyenangkan, setelah kegiatan Anda dan si kecil seharian.

Nah, kini Anda sudah tahu manfaat air putih dan cara mengajarkannya kepada anak kan? Terapkan cara ini secara teratur, agar anak Anda mau banyak minum air putih dan lebih tahu pentingnya. Anda juga bisa lebih memvariasikan cara memberi tahu manfaat air dengan cara yang lebih seru.

Sumber [health.detik.com]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment