Cara mengatasi air berminyak

Air berminyak berbau besi menjadi masalah. Air berminyak dan berbau besi memberikan ketidaknyamanan dalam penggunaan baik dalam keperluan masak, mandi, minum ataupun bahkan dalam kebutuhan sehari-hari lainnya yang berkaitan dengan kesehatan dalam tubuh. Air yang semestinya menjadi sumber kesehatan justru menjadi biang penyakit akibat zat besi yang terlalu tinggi yang terkandung didalamnya. Kadar zat besi yang tinggi dalam air yang didapat dari sumber-sumber permukaan seperti air sumur, air tanah dan sebagainya  justru menjadi berbagai macam jenis penyakit yang dapat diderita oleh masyarakat. Berbagai penyakit yang ditimbulkan salah satunya penyakit kulit. Bahkan air berminyak dengan kadar zat tinggi dapat merusak pakaian bila digunakan untuk mencuci. Ada beberapa tips dalam mengenali air yang terkandung didalamnya zat-zat membahayakan bagi kesehatan baik kesehatan tubuh maupun dalam penggunaan kehidupan sehari-hari, khususnya air dengan kadar zat besi tinggi. berikut tipsnya:

Cara mengenal air berkadar besi tinggi ini dengan cara :

•VISUAL  : Air yang bersumber dari permukaan tanah baik seperti air sumur maupun yang lainnya memiliki kadar besi tinggi dengan ditandai warna kekuning-kuningan dan berminyak.

•AROMA  : Bau besi yang amat tinggi menunjukan bahwa kadar zat besi dalam air sangat tinggi.

•BENTUK : Bentuk ataupun khas dari air berkadar zat besi tinggi cenderung berminyak.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan untuk melakukan penanganan masalah air yang berkadar besi tinggi. Hal ini dapat diatasi dengan solusi terbaik adalah menggunakan  filter air bersih untuk menghilangkan kadar besi yang terkandung didalam air.

filter air besi tinggi berminyakBegitu juga dengan masalah air yang mengandung besi rendah, Sebelumnya kami menguji sample air dengan kandungan kadar zat besi dari pengujian yang kami lakukan, dari hasil pengujian yang kami peroleh standar kadar zat besi untuk air yaitu < 5 ppm . Kadar normal 0,3 ppm yang disebutkan merupakan standar normal kadar besi untuk air minum konsumsi manusia sesuai dengan Permenkes No 907/Men-Kes/SK/VII/2002. Dari hal tersebut, dapat diketahui bahwa kandungan zat besi pada sumber air yang kami uji masih dalam batas wajar atau mengandung besi namun rendah, sehingga untuk mengatasinya sangat mudah. Jika anda juga mengalami kondisi air seperti tersebut anda hanya perlu menggunakan filter air dengan media filter pureTAG Super.

Jika kandungan zat besi yang berlebih pada sumber air sendiri dapat menimbulkan efek :

1. Bau dan rasa air yang tidak sedap, air cenderung berbau amis.
2. Air akan berwarna kuning dan berminyak sehingga dapat mengurangi palatabilitas air saat dikonsumsi.
3. Dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan kerak di saluran air atau instalasi pipa air.
4. Dapat merusak kesehatan jika air ini digunakan sebagai air minum.

Karena sample air hasil percobaan mengandung  kadar besi rendah dan masih dalam batas yang wajar maka. hanya diperlukan pengolahan air secara sederhana menggunakan filter air rumah tangga. Namun sebagai tindakan antisipasi, sebaiknya jika air akan digunakan untuk kebutuhan sehari – hari ada baiknya dilakukan pengolahan air menjadi air minum sehingga selain air menjadi bersih air juga menjadi sehat dan dapat langsung diminum oleh anda sekeluarga. Filter air dengan menggunakan media filter PureTAG Super berfungsi sebagai penyerap kandungan besi, mangan, bau dan minyak yang terdapat dalam air yang mengandung besi. Selain itu pureTAG Super juga dapat menjernihkan warna air.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi adanya kandungan besi dalam air :

1.  Penyaringan dengan menggunakan alat penyaring khusus
Saat ini di pasaran sudah dijual alat penyaring zat besi. Prinsip penyaringannya yaitu menambah asupan oksigen ke air guna mengubah substansi yang terlarut di air menjadi suatu oksida. Ketika kontak dengan oksigen atau oksidator lain, besi dan mangan akan teroksidasi menjadi valensi yang lebih tinggi, bentuk ion kompleks baru yang tidak larut dalam air. Oleh karena itu, besi dihilangkan dengan penyaringan oleh media yang tersedia di dalam, sedangkan gas-gas yang menyebabkan bau akan terlepas ke udara bebas

2.  Penyaringan menggunakan alat filter air yang berisi media filter PureTAG Super, Karena cara ini merupakan cara paling aman dan ampuh untuk membuat air menjadi bersih dan sehat.

Ada beberapa solusi dan bahan dalam penanganan masalah air bau besi ini diantaranya:

1.Pasang Housing kaporit + kaporit tablet sebelum masuk torrent.
2.Buka penutup torrent, pasang kawat kassa.
3.Memasang filter air dengan media yang direkomendasikan dan terbukti ampuh salah satunya Media Filter PureTAG Super.

langkah 1 sampai 4 bertujuan untuk memisahkan zat besi dari kandungan air , kemudian zat besi yang terpisah dari “badan air” ini akan tertahan didalam tabung filter. Dan selanjutnya di keluarkan secara berkala melalui aktivitas back wash setelah itu lakukan kembali ke posisi filtrasi sehingga anda dan keluarga dpat menikmati air bersih dan sehat.

Sumber [Aneka Sumber]

filter air berminyak, penyaring air berminyak

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment