You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»air laut,air tanah»Air Sebagai Energi Terbarukan

Air Sebagai Energi Terbarukan

Air sebagai energi terbarukan, fungsi air dalam menghasilkan energi terbarukan, seperti pembangkit listrik tenaga air. Di Indonesia pemanfaatan energi dari air sudah dilakukan sejak lama. Energi air yang dimanfaatkan di Indonesia pada umumnya dalam skala yang besar (PLTA).Ada beberapa kontroversi untuk menggolongkan PLTA sebagai sumber energi terbarukan, karena dampak negatifnya terhadap kondisi lingkungan. 

Bendungan besar yang digunakan dapat memperlambat debit aliran sungai secara signifikan sehingga mempengaruhi ekosistem sungai.  Suplai air untuk keperluan lainnya pun juga terkena dampak.  Dalam konstruksi bendungan yang membutuhkan lahan yang luas seringkali harus mengkonversi ekosistem di daerah aliran. Berbeda dengan pemanfaatan energi mikrohidro, sehubungan dengan skala yang tidak terlalu besar dampak terhadap lingkungan tidak terlalu besar.

Pemanfaatan energi di seluruh Indonesia baru 4.000 megawatt (MW) dari air (hydropower). Paling tidak sekitar 75.000 MW menjadi potensi energi terbarukan. Energi bersih akan menjadi sasaran pemerintah kita agar masyarakat bisa meraskan tenaga listrik dari air.

energi airEnergi terbarukan lain adalah energi biofood dari nabati dan biofuel. Konsekuensinya, energi tersebut akan meningkatkan kebutuhan akan air. Untuk itu perlu adanya upaya yang integratif dan kelanjutan dalam pengelolaan sumber daya air.

Upaya alternatif  untuk mengantisipasi kelangakan air dengan upaya produksi tanaman penghasil bahan bakar nabatii adalah dengan merelokasi sebagian perkebunan/pertanian dari kawasan hulu ke hilir dengan disertai analisis kesesuaian lahan.

Sejak tahun 2014 PBB telah mendesak perusahaan penghasil energi berperan aktif dalam pengendalian pemanfaatan air dalam berbagai kegiatan. Mulai dari proses pendinginan pada pembangkit listrik menggunakan batu bara hingga pemanfaatan air irigasi untuk perkebunan yang dikembangkan sebagai penghasil bahan bakar nabati (BBN).

Indonesia adalah Negara kelima yang memiliki sumber daya air terbesar di dunia, tetapi tidak menutup kemungkinan bakal menghadapi krisis air jika tidak mampu melakukan pengelolaan dengan baik.

Potensi air sebagai sumber energi terutama digunakan sebagai penyedia energi listrik melalui pembangkit listrik tenaga air maupun mikrohidro. Potensi tenaga air di seluruh Indonesia diperkirakan sebesar 75684 MW. Potensi ini dapat dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik dengan kapasitas 100 MW ke atas dengan jumlah sekitar 800.

Banyaknya sungai dan danau air tawar yang ada di Indonesia merupakan modal awal untuk pengembangan energi air ini. Namun eksploitasi terhadap sumber energi yang satu ini juga harus memperhatikan ekosistem lingkungan yang sudah ada.

Pemanfaatan energi air pada dasarnya adalah pemanfaatan energi potensial gravitasi.  Energi mekanik aliran air yang merupakan transformasi dari energi potensial gravitasi dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Umumnya turbin digunakan untuk membangkitkan energi listrik sedangkan kincir untuk pemanfaatan energi mekanik secara langsung.  Pada umumnya untuk mendapatkan energi mekanik aliran air ini, perlu beda tinggi air yang diciptakan dengan menggunakan bendungan.  Akan tetapi dalam menggerakkan kincir, aliran air pada sungai dapat dimanfaatkan ketika kecepatan alirannya memadai.

Pembangkit listrik mikrohidro mengacu pada pembangkit listrik dengan skala di bawah 100 kW.  Banyak daerah pedesaan di Indonesia yang dekat dengan aliran sungai yang memadai untuk pembangkit listrik pada skala yang demikian.  Diharapkan dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa-desa tersebut dapat memenuhi kebutuhan energinya sendiri dalam mengantisipasi kenaikan biaya energi atau kesulitan jaringan listrik nasional untuk menjangkaunya.

Efesiensi penggunaan air dapat meningkatkan ketahanan pangan suatu negara sehingga dibutuhkan infrastruktur  yang mendukung terjaminnya kelestarian air untuk kebutuhan pangan.

Sumber:
[http://goo.gl/fkVOd6]
[http://goo.gl/jrs8GF]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment