You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»air bersih dan sehat,Air Minum»Air Minum Untuk Kesehatan

Air Minum Untuk Kesehatan

Air minum merupakan salah satu sumber nutrisi penting bagi tubuh sehingga harus diperhatikan kualitas dan kuantitasnya. Masih banyak orang yang mengabaikan manfaat air minum untuk kesehatan. Padahal manfaatnya banyak sekali. Dari mencegah Anda merasa kehausan, mendorong metabolisme, membuat anda merasa kenyang lebih lama (sehingga mencegah Anda makan terlalu banyak), membuat kulit lebih halus karena ketersediaan cairan di dalam tubuh, hingga mencegah hilang konsentrasi.

Makanan sehat tidak akan berarti banyak tanpa mengonsumsi air minum yang sehat. Kita selalu memperhatikan empat sehat lima sempurna, tapi terkadang kita lupa memasukkan air ke dalam kategori tersebut, padahal makanan sehat yang kita makan tidak akan berarti apa-apa tanpa konsumsi air bersih yang cukup. Air minum merupakan zat pelarut yang berfungsi melarutkan zat-zat makanan yang masuk ke dalam tubuh. Tanpa asupan air yang cukup, metabolisme di dalam tubuh tidak akan berjalan lancar.

Ada banyak manfaat yang diperoleh oleh tubuh yang mengonsumsi air minum bersih secara teratur dan cukup.

Manfaar air minum yang pertama adalah mencegah sakit kepala,
Siapa yang tahan jika migrain mulai menyerang? Namun sebelum Anda mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri, coba atasi dengan minum air putih. Menurut para peneliti dari University of Masstricht, Belanda, konsumsi air minum tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang selama ini menderita akibat migrain. Dalam uji coba, mereka yang minum 1,5 liter air sakit kepalanya berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitas rasa sakitnya.

manfaat air minum sehatManfaar air minum yang kedua adalah untuk kecerdasan otak.
Menurut penelitian, tingkat dehidrasi sebesar satu persen saja dari berat badan Anda sudah bisa mengurangi fungsi-fungsi berpikir Anda. Perlu diketahui bahwa 90 persen komponen di dalam otak itu adalah cairan, apabila tubuh kurang air minum, maka otak juga akan kekurangan cairan. Akibatnya, sistem kerja saraf otak menjadi terhambat. Apalagi, jika hal itu tejadi secara berulang-ulang. Semakin lama sistem kerja syaraf pun semakin lambat dan hal itu sangat berpengaruh pada tingkat kecerdasan otak.

Manfaar air minum ketiga adalah melindungi jantung,
Orang yang terbiasa minum air putih lebih dari lima gelas dalam sehari, kemungkinannya untuk meninggal akibat serangan jantung turun 41 persen dibandingkan mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air putih sehari, demikian menurut studi selama enam tahun yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology. Selain itu, kebiasaan minum air putih dalam jumlah minimal lima gelas sehari juga akan mengurangi risiko kanker. Tubuh yang tak kekurangan cairan dapat mengurangi risiko kanker usus hingga 45 persen, kanker kandung kemih hingga 50 persen, dan kemungkinan juga mengurangi risiko kanker payudara.

Manfaar air minum yang ke empat adalah penting dan sangat baiknya air untuk kecantikan kulit. Khususnya bagi kaum perempuan, kesehatan dan kecantikan kulit mendapat perhatian khusus dengan memanfaatkan air. Mereka sangat sadar jika kurang mengonsumsi air minum akan berakibat pada kulit mereka. Para perempuan yang sedang berada di daerah dingin akan jauh lebih sedikit mengonsumsi air ketimbang saat mereka berada di daerah panas. Kulit mereka akan terasa kering sebab asupan air untuk menjaga kelembapan kulit menjadi berkurang.

Manfaar air minum kelima adalah membuat Anda tetap waspada,
Dehidrasi adalah penyebab utama rasa lelah yang terjadi sepanjang hari. Jika rasa letih yang Anda rasakan lebih seperti dorongan kuat untuk tidur siang, coba minum segelas air. Minum cukup air putih akan membuat Anda bekerja lebih baik, paling tidak bisa mencegah Anda merasa sulit konsentrasi. Perlu Anda tahu, tingkat dehidrasi sebesar dua persen bisa memicu masalah memori jangka pendek. Anda juga akan mengalami kesulitan berfokus pada apa yang sedang Anda baca di layar komputer.

Manfaat ke enam adalah air menjaga kesehatan pencernaan,
Dalam lambung air harus mempunyai porsi yang seimbang dengan komponen lain. Hal tersebut agar makanan dapat mudah dicerna dengan baik. Selain memperlancar pencernaan, jumlah air yang seimbang dalam tubuh juga dapat menekan obesitas atau kelebihan berat badan yang berlebihan. Karena air minum yang cukup dapat mengurangi nafsu makan sehingga orang akan tetap langsing tanpa merasa lapar.

Di luar itu, masih banyak manfaat minum air putih yang ternyata belum kita ketahui. Yang pasti, manfaatnya akan langsung terasa dalam kehidupan Anda sehari-hari. Setelah mengetahuinya, pasti Anda tak akan menunda-nunda lagi mengonsumsi air putih setiap saat. Jadi kesimpulan dari artikel “air minum untuk kesehatan” ialah jika kita mengkonsumsi air putih secara teratur, dapat menyehatkan tuuh dan membuat perasaan lebih nyaman.

Sumber [kompas.com]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment