You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Minum»Air Minum Terkontaminasi Arsenik

Air Minum Terkontaminasi Arsenik

Air minum yang tercemar arsenik adalah ancaman bahaya di seluruh dunia. Situasi dramatis ditemukan di Bangladesh. Di sana 30 persen penduduk terpapar arsenik. Berbeda dengan wilayah lain, arsenik di Bangladesh merembes ke air tanah secara alami. Sekitar 20 juta warga miskin Bangladesh masih meminum air yang terkontaminasi arsenik. Ini telah berlangsung dua dekade sejak racun mematikan itu ditemukan dalam pasokan air minum di Bangladesh.

Laporan baru kelompok HAM, Human Rights Watch (HRW) menyatakan, pemerintah Bangladesh telah gagal mengambil langkah-langkah dasar yang diperlukan untuk menangani masalah tersebut. Padahal sekitar 43 ribu warga Bangladesh tewas setiap tahunnya akibat meminum air berarsenik tersebut.

air minum ada arsenikMasalah tersebut bermula pada tahun 1970-an silam, ketika pemerintah Bangladesh mengebor jutaan lubang sumur dangkal untuk menyediakan air bersih bagi warga desa. Saat itu, pemerintah tidak menyadari bahwa tanah telah terkontaminasi arsenik yang terjadi secara alami.

“Bangladesh tidak mengambil langkah-langkah dasar nyata untuk mengeluarkan kandungan arsenik dari air minum jutaan warga miskinnya,” cetus peneliti HRW, Richard Pearshouse seperti dikutip kantor berita AFP, Kamis (7/4/2016).

“Alasan mengenai tragedi sebesar ini tetap begitu meluas adalah dikarenakan buruknya pemerintahan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyebut krisis arsenik Bangladesh sebagai “keracunan massal terbesar bagi populasi dalam sejarah”. WHO mengingatkan, jutaan warga Bangladesh akan meninggal jika pemerintah dan para pendonor internasional tidak mengambil tindakan untuk mengatasi air minum yang terkontaminasi arsenik ini.

Paparan pada kandungan arsenik bisa memicu kanker hati, kanker ginjal dan kulit serta penyakit jantung. Mengkonsumsi air yang terkontaminasi arsenik juga bisa menyebabkan keguguran, kelahiran bayi dengan berat badan rendah dan buruknya perkembangan kognitif pada anak-anak. Laporan HRW memprediksi bahwa paparan arsenik dalam air minum pada akhirnya akan membunuh hingga lima juta dari total 90 juta anak-anak yang diperkirakan akan lahir antara tahun 2000 dan 2030.

“Itu racun yang lambat. Anda akan terkena sejumlah penyakit yang membahayakan jiwa, bahkan sebelum Anda menyadarinya,” tutur Tariqul Islam, peneliti di Universitas Chicago, AS.

Memang, pencemaran air telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Bangladesh. Setiap hari puluhan orang telah terpapar racun arsenik dari air tanah yang terkontaminasi. Dan ini membuat warga Bangladesh berada dalam risiko kematian dini. Para peneliti dari Universitas Chicago, Amerika Serikat, menyatakan lebih dari 20 persen kematian atau 12 ribu orang per tahun meninggal akibat keracunan air yang mereka minum dalam 10 tahun terakhir.

HRW mengingatkan jutaan orang akan mati jika pemerintah dan lembaga donor internasional tidak bertindak untuk mengatasi kontaminasi persediaan air bersih tersebut.

Sumber:
[http://goo.gl/xRRxKf]
[http://goo.gl/MOXFc1]
[http://goo.gl/Jt9Jjr]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment