You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»air limbah,Air Minum»Air Limbah Menjadi Bir

Air Limbah Menjadi Bir

Air limbah menjadi bir ? Zaman modern saat ini bukan hal yang mustahil jika kita ingin mengubah air limbah menjadi bir. Seperti yang dilakukan salah satu perusahaan di California, Amerika Serikat. Air limbah dapat dikomsumsi jika sudah diolah menggunakan berbagai teknik penyaringan air seperti reverse osmosis, ultrafiltrasi, mikrofiltrasi dan teknologi penyaring air lainnya.

Krisis air berkepanjangan membuat sebuah perusahaan bir mencoba mengolah air limbah menjadi bir. Meskipun bir rasanya seenak bir dari air biasa, bir ini belum dipasarkan.

air limbah menjadi birDilansir dari Foxnews (16/03), Half Moon Bay Brewing Company melalui Mavericks Tunnel Vission telah mendaur ulang air limbah dalam jumlah kecil. Air ini berupa air berkas cuciani baju, piring atau air bekas dari kamar mandi dan mesin cuci piring.

Pada tahun 2014, Lenny Mendonc, pemilik Half Moon Bay Brewing mendekati Russ Drinker, seorang arsitek yang populer. Ia ingin mencari solusi krisis air di California.

Teknologi penyaring air yang digunakannya adalah teknologi daur ulang air NASA dengan manfaat untuk mengubah air limbah menjadi air bersih dengan harapan dapat menjadi solusi baru untuk memasok minuman di California.

Seperti diketahui krisis air di California sejak musim panas agak mengkhawatirkan. Hal ini mengancam usaha restoran dan juga rumah tangga.

Menurut Drinker jika orang California benar-benar ingin menghemat air maka mereka harus mendaur ulang air bersih. Ia melihat Mendonca punya niat serius untuk melakukan hal tersebut.

Mereka memakai teknologi daur ulang air NASA yang dipakai astronot Scott Kelly untuk mengolah air seni (air kencing) dan keringatnya di International Space Station. Kali ini diterapkan pada limbah air IPA.

Bir yang dishasilkan dari pengolahan air limbah terlihat berwarna sedikit lebih gelap. Namun dalam uji rasa, orang tidak dapat membedakan antara minuman yang didaur ulang dari air limbah dan bukan.

“Produk ini menunjukkan pentingnya air. Karenanya jika saya bisa memperlihatkan pada orang bahwa limbah air juga baik mengapa tidak dipakai juga untuk hal lain?” demikian ungkap Mendonca Guardian.

Sejauh ini bir tersebut sudah dua kali diuji rasa dan juga sudah ada sejumlah rencana uji rasa pada pada (23/03) di acara Silicon Valley Air Choice Conservation Awards di Google. Juga pada bulan Juni di konferensi IDEAS di Los Angeles.

Mary Oldham, juru bicara dari pembuatan bir mengatakan bahwa minuman bir memiliki potensi untuk menjadi sukses. Saat ini Mendonca sedang fokus menggunakan bir untuk mendidik masyarakat.

Perusahaan bir ini telah memberi bantuan kepada anggota parlemen Califonia Rich Gorson untuk mengahadapi larangan pemakaian air limbah untuk pendidikan dan lingkungan.

Adanya aturan yang mengijinkan pengolahan limbah air menjadi air minum akan menjadi sebuah langkah besar. Namun bir hasil olahan air limbah ini belum dipasarkan.

Demikian artikel yang berjudul Air Limbah Menjadi Bir, Jadi dapat disimpulkan bahwa air limbah kini tidak hanya diolah menjadi air bersih, namun bisa dijadikan bir. Hal ini tentu saja berkat adanya teknologi pengolahan air yang telah modern. Keuntungan mengolah air limbah selain menjaga dan melestarikan lingkungan dari pencemaran air, juga dapat mengatasi krisis air yang mulai dirasakan oleh seluruh masayarakat di seluruh dunia.  Penyebab dari pencemaran air tidak hanya berasal dari buangan industri atau pabrik-pabrik yang membuang begitu saja air limbahnya tanpa pengolahan lebih dahulu, tetapi juga  air buangan rumah tangga yang jumlahnya makin hari makin besar sesuai dengan perkembangan penduduk .

Sumber [http://goo.gl/CAhudC]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment