Air Keran Siap Minum

Air keran yang dapat langung diminum memang jauh lebih praktis dibanding  dengan menggunakan air minum isi ulang. Seperti pada beberapa negara maju contohnya amerika dan belanda. Pada negara tersebut sebagian besar warganya minum dari air keran secara langsung. Baik itu dari keran air rumah, taman bermain maupun keran air pada tempat umum lainnya. Di Indonesia juga sudah ada air keran  yang dapat langsung diminum namun masih sedikit salah satunya ada di kota bandung, Keran air pada taman balai kota, jalan wastukancana, Bandung, Jawa Barat. Ini merupakan Keran air siap minum sumbangan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening sebagai hadiah hari ulang tahun kota Bandung ke 204.

Lalu bagaimana jika kita ingin membuat air keran siap minum pada rumah kita sendiri?

Pada zaman modern sekarang ini membuat air keran langsung minum untuk rumah tangga sangat mudah. Karena sudah banyak teknologi penyaring air yang dapat kita gunakan. Salah satunya adalah menggunakan alat penyaring air Reverse Osmosis (RO).

Alat penyaring air Reverse Osmosis (RO) secara efektif mampu menyingkirkan semua jenis bakteri dan virus. Besarnya pori dari membran RO mencapai 0.0001 Mikron (ukuran bakteria 0.2 sampai 1 Mikron, dan virus antara 0.02 sampai 0,4 Mikron).Selain itu Reverse Osmosis mampu untuk menyingkirkan sebagian besar bahan kimia non organik seperti garam, metal, dan mineral.

Penyaring air membrane Reverse Osmosis juga sudah terbukti efektif untuk menyingkirkan kontaminan yang menyangkut kesehatan seperti arsenic, asbestos, atrazine (herbisida/pesticida), fluoride, lead, mercury, nitrate, dan radium, dan lain-lain.

Dengan kemampuannya tersebut, Pengolahan air menggunakan membrane Reverse Osmosis (RO) merupakan teknologi pengolahan air yang sangat banyak digunakan pada skala industri maupun rumah tangga untuk menghasilkan air siap minum yang bersih dan sehat.

Proses penyaringan air dengan menggunakan Reverse Osmosis (RO)dilakukan dengan memberi tekanan tinggi pada air yang dialirkan melalui membran semi permeable dimana pemisahan ion terjadi. Dengan pemisahan ion, molekul air membentuk barier yang memungkinkan molekul air lainnya untuk mengalir dan menyaring hampir semua kontaminan. Tingkat penyaringan kontaminan ini berkisar antara 85-95% yang tergantung pada kualitas awal dari air yang diolah.

Hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin membuat air keran siap minum pada rumah anda pastikan sebelumnya sumber air yang anda gunakan sudah bebas dari partikel-partikel yang dapat menyumbat membrane reverse osmosis diantaranya pasir, lumut, lumpur, kerikil atau benda asing lainnya.

air keran siap minumOleh sebab itu pada satu paket alat penyaring air reverse osmosis untuk rumah tangga biasanya sudah dilengkapi dengan beberapa filter air tambahan dan unit ultraviolet. Berikut ini merupakan urutan atau cara kerja dari satu paket alat penyaring air reverse osmosis yang umumnya digunakan pada rumah tangga:

Filter Sedimen 5 Mikron
Filter dengan ukuran 5 Mikron ini efektif untuk menyingkirkan kotoran, karat dan partikel pasir, yang mempengaruhi rasa, bau dan warna air.

Filter Sedimen 1 Mikron
Penggunaan  filter Sedimen 1 Mikron  ini adalah guna melindungi membran Reverse Osmosis dan secara efektif mening-katkan kemampuannya dalam menyingkirkan/ menolak  95 % TDS (Total Disolve Solids).

Filter Granular/Block Activated Carbon
Filter ini mampu untuk menyingkirkan  99%  chlorine dan  bahan kimia yang bersifat organik. Juga berfungsi baik dalam mengurangi rasa, bau dan warna yang mengganggu. Menyingkirkan  fungisida, pestisida, insectisida, dan herbisida.

Membran Reverse Osmosis
Berupa membran  Thin Film Composite (TFC), membran berkualitas tinggi yang mampu mengalirkan 50 galon air minum berkualitas per hari. Membran ini mampu menyingkirkan kontaminan berbahaya seperti lead, cooper, barium, chromium, mercury, sodium, cadnium, fluoride, nitrite, nitrate, dan selenium. Menyingkirkan bakteria, E.Coli, giardia, cryptosporodium, dan lain-lain.

Post Carbon Filter
Filter ini membuang semua rasa dan bau yang tidak diinginkan dan meningkatkan kualitas air minum yang dihasilkan.

Filter Ultraviolet Water Sterilizer
Sinar ultraviolet (UV) yang merupakan bagian alamiah dari sinar matahari digunakan sebagai metode disinfeksi air yang handal, efisien, dan ramah lingkungan. Sinar Ultraviolet (UV) ini mengunakan panjang gelombang 254 nm yang menyebabkan pembasmian secara cepat atas mikro organisme dan mencegah kemampuan mereka untuk bereproduksi. Sinar UV membasmi 99.99% bakteri dan virus.

Demikian tips untuk membuat air keran siap minum pada skala rumah tangga. Jika anda ingin memesan satu paket alat reverse osmosis beserta dengan lampu sinar ultraviolet tersebut anda dapat menghubungi ke (021) 29529630 / (021) 29529631 atau anda dapat mengirimkan email ke sales@nanosmartfilter.com

Sumber: [Aneka Sumber]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment