You are here: Filter Penjernih Air keluarga sehat»Air Minum»Air Hangat Obat Alami Musim Hujan

Air Hangat Obat Alami Musim Hujan

Air hangat dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Saat musim hujan tubuh lebih rentan terkena penyakit. Karena itu agar tubuh tetap prima, jagalah selalu kondisi tubuh. Sistem kekebalan tubuh tidak hanya dipengaruhi oleh cuaca, namun juga asupan “dingin” yang masuk ke tubuh. Oleh karena itu, rutin minum air hangat (terutama air putih) lebih disarankan. Cairan hangat bisa membantu fungsi kekebalan tubuh, sirkulasi serta kemampuan mentoleransi dingin.

Air hangat membantu meningkatkan suhu tubuh dan menjaga tingkat metabolisme. Beberapa manfaat bisa didapat dari meningkatnya metabolisme tubuh. Antara lain tubuh akan membakar lebih banyak lebih kalori, memudahkan proses detoksifikasi dalam tubuh, dan menjaga saluran pencernaan dan ginjal berfungsi efisien.

Ada penyakit yang bisa ditangani di rumah. Ada penyakit yang harus ditangani oleh dokter. Ada juga yang harus ditangani dokter kemudian perawatan dilanjutkan di rumah. Bagaimana dengan penyakit khas musim hujan ini?

1. Flu dan selesma
Selesma adalah penyakit infeksi catarrhal dari saluran pernafasan bagian atas yang mempunyai ciri-ciri coryza, bersin, lakrimasi, iritasi nasofaring, menggigil dan malaise yang berlangsung selama 2-7 hari. Ini adalah jenis penyakit yang bisa dicoba dirawat di rumah terlebih dulu. Untuk meringankan gejala flu dan selesma, anda dapat melakukan:

manfaat air hangat untuk tubuh*Terapi uap
Penuhi baskom atau ember dengan air panas. Teteskan minyak angin ke dalam air secukupnya. Tutupi kepala dengan handuk besar, dekatkan wajah ke ember atau baskom selama beberapa menit sampai pernapasan terasa lebih lega.

*Mandi air hangat
Air hangat membantu tubuh menjadi rileks sehingga Anda lebih mudah istirahat. Istirahat sangat penting untuk penderita flu dan selesma. Uap hangat di udara membantu melegakan pernapasan.

*Minum air hangat
Minumlah sedikitnya delapan gelas sehari. Air hangat dapat membantu mencairkan ingus dan dahak.

*Gunakan spray decongestan
Spray decongestan berguna untuk mencairkan dahak dan ingus. Gunakan selama tidak lebih dari tiga hari. Penggunaan berlebihan bisa membuat hidung semakin tersumbat.

Jika gejala demam, pilek dan batuk tidak kunjung mereda dalam waktu 48 jam, mintalah pertolongan kepada dokter Anda.

2. Kolera
Kolera adalah penyakit akibat bakteri yang biasanya menyebar melalui air yang terkontaminasi. Penyakit ini dapat menyebabkan dehidrasi dari diare yang parah. Penderita kolera perlu di rehidrasi. Bahaya terbesar kolera adalah kekurangan cairan. Penderita kolera tahap ringan bisa diberikan minum air putih sesering mungkin. Larutan gula dan garam juga perlu diberikan.

WHO telah menyetujui larutan garam rehidrasi (ORS) dijual untuk membantu penderita kolera tidak dehidrasi. Cara membuat larutan garam rehidrasi:

1/4 sendok teh garam meja
1/4 sendom teh potasium klorida
1/2 sendok teh sodium bikarbonat
2,5 sendok teh gula.

Campur semuanya ke dalam satu liter air hangat. Untuk memastikan air bebas kuman, rebuslah terlebih dulu sampai mendidih. Pengukuran bahan-bahan di atas harus tepat dan dilakukan dengan hati-hati. Terlalu banyak sodium dan potasium bisa menyebabkan kematian.

Selain rehidrasi, penderita kolera juga perlu diberi antibiotik untuk meringankan gejala. Penggunaan antibiotik harus sesuai dengan resep dokter. Karena itu, pergilah ke dokter untuk memeriksakan diri. Perawatan di rumah bisa dilakukan sebagai lanjutan setelah Anda berobat ke dokter.

3. Mengatasi Sembelit
Air hangat membantu ketika anda terkena sembelit. Minum air hangat bermanfaat untuk merangsang pergerakan usus anda. Ketika anda meminum air hangat di pagi hari dapat membuat pergerakan usus anda lebih lancar sehingga membuat pencernaan lebih lancar.

Demikian airtikel yang berjudul Air Hangat Obat Alami Musim Hujan, Jadi dapat disimpulkan minum segelas air hangat begitu menguntungkan bagi tubuh. Oleh karena itu yuk rajin minum air hangat saat musim hujan seperti saat ini agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Sumber:
[http://goo.gl/n3wmUS]
[http://goo.gl/QC1Xup]

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment